KABAR BIREUEN– Sebanyak 71 Mahasiswa dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Payung Negeri Aceh Darussalam Kampus B, Bireuen, Prodi S1 Kesehatan Masyarakat, mengikuti program Praktek Belajar Lapangan (PBL) III Komunitas, di 7 gampong dalam wilayah Kecamatan Kuala, Kabupaten Bireuen selama satu bulan.

Prosesi serah terima mahasiswa-mahasiswi dari pihak kampus kepada camat dan keuchik gampong berlansung di Aula kantor camat setempat, Senin (2/3/2020) pagi.

Sekretaris STIKES Payung Negeri Aceh Darussalam Kampus B, Bireuen, prodi S1 Kesehatan Masyarakat, diwakili Seri Warzukni, SKM, MKM dalam laporannya mengatakan, PBL ini bertujuan untuk mengembangkan, meapresiasikan ilmu-ilmu diperoleh di kampus, terhadap bagaimana kita terapkan kepada masyarakat.

Selain itu, untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yaitu melalui preventif pencegahan kepada masyarakat.

Diantaranya terkait Stunting, kesehatan lingkungan, gizi ibu hamil dan balita dan yang menyangkut kesehatan lainnya.

Diharapkan, mahasiswa/i yang akan melaksanakan KKN / PBL Ill Komunitas agar ikut meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang menjadi prioritas gampong serta ikut berkontribusi untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat setiap masyarakat agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

Mahasiswa yang menglkuti PBL dapat mempraktikan ilmu-ilmu yang diperoleh kepada masyarakat untuk menambah wawasan dan pengalaman belajar secara efektif dan efesien.

Sehingga mengantarkan klta sebagal seorang tenaga kesmas yang kompoten sesuai dengan Deskripsi Kerangka Kualifikasl Nasional lndonesia (KKNI) sehingga mencapal kesetaraan dengan jenjang kualifikasi.

“Bagi mahaslswa/i agar senantiasa menghormati budaya yang ada di masyarakat. menjaga etika dan nama balk almamater kampus dan mematuhl semua peraturan- peraturan yang telah ditetapkan dan melaksanakan arahan pembimblng akademlk,” pinta Seri Warzukni

Ucapkan terlma kasih kepada semua pihak yang turut membantu terutama kepada bapak Camat Kuala yang telah memberikan tempat dan waktu bagi mahaslswa/i kami untuk melaksanakan program PBL Ill Komunltas.

Harapan kita bersama dalam Pelaksanaan PBL lll komunltas ini, mahaslswa dapat membantu mengurangi masalah kesehatan di masyarakat dan kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan kita bersama, ujar nya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Bireuen, diwakili Kasubag Kepegawaian, M Yusuf SKM M. Kes dalam arahannya menyampaikan, Dengan kehadiran mahasiswa ini tentunya akan memberikan banyak manfaat-manfaat untuk penyelesaian berbagai permasalahan kesehatan masyarakat yang ada di desa.

“Mungkin ada beberapa indikator dari program kesejahteraan keluarga yang belum mencapai target, diharapkan kehadiran adik-adik mahasiswa semua bisa indikator-indikator untuk diperbaiki hingga mencapai target,” jelasnya.

Camat Kuala, Mirza Fahmi,SSTP berharap kehadiran para mahasiswa dan mahasiswi untuk melakukan PBL mampu meningkatkan kesejahteraan kesehatan masyarakat.

Dengan ilmu yang anda dapat di kampus itu bisa diaplikasikan di gampong-gampon sehingga nantinya masyarakat lebih mengerti lagi, betapa pentingnya kesehatan.

Selain itu, mengikuti aturan dan tatacara istiadat di masing-masing gampong, dan selalu berkoordinasi baik dengan keuchik ataupun perangkat gampong meski kalian tidak menginap, ujar Camat Kuala ini.

Berikut ketujuh gampong tersebut, yakni Gampong Ujung Blang Mesjid 9 orang. Kuala Raja 10 orang. Krung Juli Barat 10 orang.

Kemudian, Gampong Krung Juli Timu 10 orang. Cot Kuta 9 orang. Ujung Blang 12 orang dan Lhok Awe-Awe 11 orang, setiap gampong didamping satu orang dosen pembimbing. (Herman Suesilo).