KABAR BIREUEN-Plt Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A.Gani SH, M.Si melantik pengurus Kami Peduli Bireuen (KPB) periode 2020- 2022, di De Kontana Cafe dan Bristo Cot Gapu, Sabtu (1/2/2020) malam.

Adapun pengurus yang dilantik, Koordinator, Deni Putra SE MM, Wakil Koordinator, Ihkwati SP, Sekretaris T Qadarisman, Wakil Sekretaris Nurulyana Daba, Bendahara Rizki Maharani, Wakil Bendahara Cut Titi Nadilla serta sejumlah seksi.

Plt Bupati Bireuen Muzakkar A. Gani dalam arahannya menyebutkan, angka kemiskinan Kabupaten Bireuen mengalami penurunan yang signifikan dari 18,21 persen pada tahun 2012 menjadi 14,31 persen pada tahun 2018.

“Almarhum Bapak Bupati Bireuen sangat konsen pada program pembangunan rumah dhuafa sebagaimana yang disampaikan belia saat kampanye dulu. Karena itu setiap tahun dianggarkan dana untuk membangun rumah dhuafa,” sebutnya.

Tak hanya itu, Bupati juga telah mengeluarkan peraturan agar setiap desa membangun dua unit rumah dhuafa dari Dana Desa.

Pihaknya akan terus melaksanakan program-program untuk membantu masyarakat miskin dan dhuafa.

Pada kesempatan itu, Muzakkar mengucapkan selamat atas pelantikan pengurus KPB dan berharap komunitas tersebut terus berbuat dan peduli untuk membantu sesama.

Sebelumnya, Koordinator KPB Deni Putra SE, MM dalam sambutannya memaparkan tentang perjalanan KPB sejak berdiri 1 Januari 2019, telah membangun 11 unit rumah, 2 becak, sajadah untuk mushalla, 500 sembako, sumur bor, serta biaya pendampingan warga yang sakit.

“Semua itu berkat donasi yang tiada henti dari para donatur KPB. Selama 2019, KPB menerima donasi lebih dari Rp 300 juta, memiliki satu ambulance gratis bantuan manajemen Garuda Minangkabau Bireuen dan satu unit mobil operasional hibah Dinar Khalifah Banda Aceh,” sebutnya.

Sementara itu, Dewan Penasehat KPB, Fadhil Rahmi, mengungkapkan rasa bangganya dengan apa yang telah dilakukan KPB selama ini.

“Mereka berhasil membangun 11 unit rumah dalam setahun, saya saja satu unitpun belum tentu sanggup membangunnyan.Salut atas apa yang dilakukan KPB,” sebutnya.

Fadhil Rahmi yang juga anggota DPD RI tersebut mengungkapkan, dia sengaja pulang ke Bireuen untuk menghadiri pelantikan dan launching buku Yuk Barengan ke Syurga, bahkan dia memesan 50 eksemplar buku tersebut saat itu juga.

“Saya mesti kembali besok pagi ada kegiatan lagi di Jakarta. Saya mohon dukungannya untuk bisa bertugas dengan baik demi kepentingan masyarakat,” harapnya.

Dalam launching buku tersebut, berhasil dipesan 260 buku oleh tamu undangan, dimana Plt Bupati Bireuen sebanyak 20 eksemplar, Ketua DPRKBireuen, 40 buku, Elvi Suifong, 50 buku, lalu ada yang membeli 10 buku, 5 buku serta dua buku.

Acara diawali dengan persembahan Tari Ranup Lampuan oleh penari dari Rangkang Sastra Bireuen.

Kegiatan pelantikan sekaligus launching buku KPB Yuk Barengan ke Syurga yang ditulis Rizki Dasilva tersebut dihadiri ratusan tamu undangan.

Tampak hadir sejumlah Dewan Penasehat dan Pembina KPB, diantaranya Ustad Fadhil Rahmi Lc, Alim Mufid, Azwir, H Nazar, Adhi S Majid , Ritahayati ST, Drs Murdani, Elvi Suifong, Hakim Muttaqim,B.Soc.Sc.,M.Ec.Dev.

Hadir juga Ketua DPRK Bireuen, Rusyidi Mukhtar S.Sos, Anggota DPRK Zulfikar Apayub, Asisten I Setdakab Bireuen, Mursyid SP, Bupati Bireuen periode 2007-2012, Drs Nurdin Abdul Rahman, Kepala Bappeda, Muslim, MSi, Kepala Kesbangpol Bireuen, Zaldi, S.Sos, Camat Kota Juang, Kapolsek Kota Juang, AKP Sufli, Koordinator PKH Bireuen Muhammad Faisal, Kabag Humas dan Protokoler, Farid Maulana, Kabid Rehabilitasi Sosial Dinsos Bireuen, Faisal Kamal S.Sos, Ketua APDESI Bireuen, Bahrul Fazal.

Selanjutnya, Ketua KNPI, Asnawi, Ketua Anshor, Haris Munandar, Ketua PWI, Suryadi, Ketua AJI, Bahrul Walidin, Ketua HMI Bireuen, Rian Hidayat, dari Karang Taruna, Lazismu, Phobia, Rangkang Sastra Bireuen, MRI Bireuen, Ormas/OKP serta tamu undangan lainnya. (Ihkwati)