KABAR BIREUEN– Anggota DPR RI Komisi V melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan sekaligus menyerahkan bus, Rabu malam (17/12/2019).

Kedatangan rombongan Komisi V DPR RI yang dipimpin Hj Nurhayati serta sejumlah anggota komisi, H Irmawan serta H Ruslan M Daud dan anggota rombongan lainnya disambut Rektor Umuslim Dr H Amiruddin Idris SE, MSi di Aula MA Jangka kampus Umuslim.

Rektor Umuslim, Amiruddin Idris dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kedatangan rombongan Komisi V DPR RI tersebut.

Pada kesempatan itu, Amiruddin menyebutkan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahanan Rakyat (PUPR) membangun Rusunawa tiga lantai lengkap dengan fasilitas kamar dalam.kamar setara apartemen yang terletak di kampus timur.

Menurut Amiruddin Idris, fasilitas tersebut sangat bermanfaat dan berguna bagi mahasiswa Umuslim.karena banyak.mahasiswa berasal dari berbagai daerah, dari Aceh Tengah serta Bener Meriah menempuh pendidikan di kampus yang baru saja menerima anugerah sebagai PTS terbaik Aceh katagori universitas.

“Rusunawa yg dibangun dg dana APBN akan bisa digunakaan tahun 2020 ini. Jumlah kamar di Rusunawa ada 43 lengkap kamar mandi di dalam serta ada ruang pengelola,” ujar anggota DPRA fraksi PPP itu.

Begitu juga dengan bus kampus, sangat bermanfaat karena bisa membantu mahasiswa sebagai sarana transportasi ke kampus.

Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi diwakili Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara, Dadung Kohar, SE, MM menyebutkan, Kementerian Perhubungan menyerahkan bantuan 8 bus sekolah di Provinsi Aceh.

“Untuk Bireuen, ada dua unit bus sekolah, masing-masing untuk Umuslim dan Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (Uniki),” katanya.

Sementara itu, ketua tim Komisi V, Hj Nurhayati menyebutkan kunker yang mereka lakukan ke beberapa daerah ingin melihat langsung program APBN.

Diakui Wakil Ketua Komisi V DPR RI itu, di sejumlah daerah transportasi memang belum baik.Karena itulah Kementerian Perhubungan membuat pengadaan bus.

Menurut Nurhayati, Indonesia membutuhkan SDM unggul ke depan , salah satunya dengan program pengadaan bus bagi pelajar dan mahasiswa.

“Bus tersebut harus dirawat dan dipergunakan sesuai peruntukannya sebagai alat transportasi bagi mahasiswa,” harap istri Ketua Umum PPP, Suharso Manoarfa itu.

Sebelumnya, rombongan Komisi V DPR RI bersama mitra kerja meninjau lokasi abrasi yang nyaris habis digerus ombak laut di Desa Mon Jambe, Kecamatan Jeumpa, Bireuen. (Ihkwati).

BAGIKAN