KABAR BIREUEN – Guru Besar UIN Ar-Raniry, Prof. Drs. Yusny Saby, Ph.D, berkunjung ke Pesantren Terpadu Almuslim (PTA) Peusangan, untuk memberikan kuliah umum di hadapan 438 santri dan 30 majelis guru, Senin, 23 Juli 2018.

Agenda ini sebelumnya dijadwalkan pada saat pembukaan pekan perkenalan dalam kuliah umum kepesantrenan dan kealmusliman pada 9 Juli 2018. Namun mengingat satu dan lain hal, acara ini baru bisa terlaksana sekarang.

Dalam kesempatan tersebut, Prof. Yusny Saby memberikan kuliah umum sekitar 20 menit. Setelah itu, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan para santri dan guru.

Acara tersebut berlangsung dengan penuh kehangatan dan keakraban.  Ditambah lagi dengan antusiasme para santri yang aktif bertanya. Sehingga, waktu dua jam berlalu tanpa terasa.

“Sungguh saya melihat semangat yang baik dalam pertemuan ini. Bukan cuma pertanyaannya yang sangat hebat, tapi juga keberanian yang bertanya jauh lebih hebat dan ini yang membanggakan bagi saya,” demikian diungkapkan Prof Yusny terhadap antusiasme para santri saat menyampaikan pertanyaan.

Pertanyaan yang disampaikan para santri dan guru, terkait dengan perjuangan menuntut ilmu, kiat-kiat sukses hingga pengalaman pribadi beliau.

Acara tersebut ditutup dengan penyerahan dua Alquran terjemahan dalam bahasa Aceh karangan Tgk. Mahyuddin Yusuf. Prof. Yusny menyerahkan langsung Alquran itu kepada Ketua Yayasan Almuslim Peusangan, H. Yusri Abdullah, S.Sos.

Setelah memberikan kuliah umum, Yusny Saby yang juga pembina Pesantren Terpadu Almuslim ini, berkunjung ke perpustakaan pesantren dan kelas-kelas, guna melihat kelengkapan fasilitasnya. (REL)