KABAR BIREUEN-Komisi V DPRK Bireuen menyampaikan hasil seleksi sekaligus silaturahmi dengan lima anggota Baitul Mal Bireuen terpilih periode 2020-2025 dengan Ketua DPRK Bireuen, Rusyidi Mukhtar S.Sos, Selasa (24/3/2020) di ruang pimpinan dewan tersebut.

Ketua Komisi V, Zulfami ST menyebutkan,  seleksi anggota Baitul Mal Bireuen tersebut dilakukan  sesuai tahapan dan proses yang sudah dimulai pada 19 Februari 2020, dan sudah melalui sejumlah tahapannya.

Dikatakannya, pihaknya sudah mempelajari aturan dan Qanun Aceh Nomor 10 Tahun 2018 Tentang Baitul Mal, kemudian melakukan  konsultasi dengan pembuat qanun , juga dengan pihak DPRA.

Atas arahan dan langkah-langkah tersebut, lalu pihaknya memanggil tim pansel untuk meminta masukan 8 orang yang diajukan itu, kemudian kita terima masukan dari masyarakat. Terakhir melakukan interview secara langsung dengan calon.

“Dan pada Senin kemarin telah dilakukan seleksi dan kemudian ditetapkan lima anggota Baitul mal terpilih, dan tiga cadangan, dari 8 calon yang diajukan,” sebut politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut.

Nantinya, sebut Zulfahmi, naman-nama anggota Baitul mal terpilih hasil seleksi Komisi V akan diajukan kepada Bupati Bireuen untuk di SK kan serta dilantik.

Sementara itu, Ketua DPRK Bireuen, Rusyidi Mukhtar pada silataruhmi dengan anggota Baitul Mal terpilih memberikan arahan dan masukkan serta memberikan selamat menjalankan amanah.

“Jangan lupa melakukan koordinasi dan silaturahmi dengan pihka terkait, harus bekerja secara maksimal dalam mengumpulkan zakat,” harapnya.

Anggota Komisi V, Abdullah Amin meminta agar pengurus Baitul Mal agar berusaha semaksimal mungkin mengumpulkan zakat dari orang orang sebanyak banyaknya.

“Kami akan memantau secara intens kinerja pengurus Baitul Mal Bireuen,” katanya.

Wakil Ketua Komisi V, Tgk Amryadi pada kesempatan itu mengatakan, lima orang yang terpilih tersebut  inilah yang terbaik, mudah mudahan dalam bekerja bisa mencapai hasil yang terbaik untuk kemakmuran masyarakat Bireuen. Harus àda kerja yang sama dengan pemangku kepentingan.

Tgk Amartana Pusri, meminta anggota terpilih amanah untuk diri sendiri, keluarga dan masyarakat.

Sufyannur meminta anggota Baitul Mal terpilih menggali sumber sumber-sumber zakat. Mengharapkan tanah yang tak ada lagi perwaliannya untuk didata oleh Baitul Mal.

Adapun lima orang Anggota Baitul Mal Bireuen terpilih hasil seleksi Komisi V adalah, Tgk Abdullah Ahmad, Iskandar, AMd,  Luthfi Sofyan, Muhammad Hafidz SHi dan Murdeli SH, tiga lainnya cadangan yaitu,  Azhari SPdi, H Zulfikar, SAg, Dr Murthada Yusuf MA. (Ihkwati) 

BAGIKAN