Salah seorang Bacaleg sedang mengikuti tes uji baca Alquran susulan di kantor KIP Bireuen

KABAR BIREUENKomisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Bireuen menggelar tes uji baca Alquran susulan untuk bakal calon legislatif (bacaleg) pemilu 2019, belangsung di kantor KIP setempat, Rabu (25/7/2018) hingga pukul 16.00 WIB.

Tahapan ini khusus untuk para bacaleg yang berhalangan saat mengikuti tes uji baca Alquran yang dilaksanakan di Masjid Agung Bireuen, selama dua hari, 22-23 Juli 2018 lalu.

Ketua KIP Bireuen, Agusni SP, M.Si kepada Kabar Bireuen menyebutkan, uji baca Alquran tersebut, diberi kesempatan hanya untuk bacaleg yang belum mengikuti Tes uji baca Alquran, disebabkan berhalangan.

“Bukan bacaleg yang tidak mampu pada tes uji baca Alquran beberapa hari lalu,” kata Agusni.

Setiap bacaleg yang mengikuti tahapan ini, katanya, harus disertai dengan surat keterangan bahwa bacaleg tersebut memang benar-benar berhalangan dan tidak bisa mengikuti tes uji baca Alquran beberapa waktu lalu.

Agusni menyebutkan,  bila bacaleg saat itu dalam kondisi sakit maka harus memiliki surat keterangan dari Rumah Sakit, bila ada kemalangan di gampong harus memiliki surat keterangan dari keuchik.

“Surat keterangan berhalangan yang kami maksudkan bukanlah surat keterangan yang dikeluarkan dari pengurus porpol asal bacaleg,” tegas Agusni.

Dirincikan, sebanyak 69 orang bacaleg dari beberapa partai yang belum mengikuti tahapan tes uji baca Alquran karena berhalangan.

“Apabila ada juga bacaleg yang tidak hadir pada tes susulan hari ini, maka langkah selanjutnya kita putuskan pada sidang pleno, karena tahapan Tes uji baca Alquran ini, salah satu persyaratan bagi bacaleg pemilu 2019 harus dilengkapi,” pungkas Agusni. (Herman Suesilo).

 

 

BAGIKAN