KABAR BIREUEN-Dalam rangka meningkatkan penguatan ekonomi masyarakat Gampong Juli Seutuy. TP PKK Juli Seutuy pada tahun 2019 telah melaksanakan pelatihan menjahit untuk kelompok Ibu-Ibu PKK di Gampong Juli Seutuy.

Setelah pelatihan berlangsung kini Gampong Juli Seutuy sudah memiliki usaha konveksi yang dikelola bersama dalam rangka membuka lapangan pekerjaan kepada masyarakat, khususnya Ibu-Ibu yang tidak memiliki pekerjaan lainnya sehingga diberi kesempatan dalam kegiatan menjahit di Gampong Juli Seutuy.

Beberapa hari yang lalu dalam rangka mencegah Virus corona (Covid 19) Pemerintahan Gampong Juli melalui TP-PKK Juli Seutuy telah menjahit masker yang dibagikan kepada seluruh warga Gampong Juli Seutuy.

Kemudian ada orderan masker di beberapa gampong Lainnya dalam wilayah Kecamatan Juli dan Kota Juang yang dijual dengan harga terjangkau.

Tidak hanya pada masker, usaha pembuatan sarung kursi dan umbul-umbul tenda pesta juga sudah diproduksi melalui orderan dari beberapa gampong lainnya.

Ketua TP PKK Juli Seutuy, Cut Safriannur, A.Md. Farm mengatakan, program ini dilaksanakan atas inisiasi dari Pokja 2 (Pendidikan, keterampilan dan pembangunan koperasi).

“Awalnya ini hanya dalam bentuk pelatihan yang kita laksanakan. Namun seiring berjalan waktu program ini mulai digalakkan oleh ibu ibu PKK Gampong Juli Seutuy. Alhamdulillah sampai saat ini mulai berjalan kegiatan penjahitan masker, umbul- umbul tenda dan sarung kursi yang sudah mulai banyak orderan,” sebutnya.

Keuchik Gampong Juli Seutuy, Nazaruddin, T. Rusli menuturkan, dengan adanya program sepertti ini, setidaknya bisa membuka lapangan pekerjaan bagi ibu-ibu di Gampong Juli Seutuy yang ingin bergabung dan punya keahlian dalam menjahit.

“Maka kita fokus pada pelatihan menjahit agar semua yang berkeinginan bisa belajar dalam pelatihan tersebut. Sehingga dengan ketekunan dan kerjasama selama ini sudah berjalan dengan baik,” katanya.

Karena Dana Desa harus mampu menjadi penguatan ekonomi, apalagi ditengah melemahnya perekonomian akibat dampak virus covid 19.

Program pemberdayaan ini tidak terlepas dari pendampingan Pendamping Desa Gampong Juli Seutuy, Alfiana Sri Wahyuni, A.Md yang selalu mendampingi ibu ibu PKK Gampong Juli Seutuy. (REL)

BAGIKAN