KABAR BIREUEN –  Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Panca Marga Berto Izaak Doko melantik Ketua Pengurus Daerah Pemuda Panca Marga Provinsi Aceh Ismarissiska dari Negeri Antara tanah Gayo sebagai Ketua PD PPM Aceh periode 2020-2025 dilengkapi dengan  pengurus Biro-Biro lainnya di Balai Teuku Umar Makodam IM, Jumat petang (31/1/2020).

Pelantikan tersebut ditandai dengan penyerahan Pataka Pemuda Panca Marga untuk dikibarkan di Provinsi Tanah Rencong turut dihadiri Gubernur Aceh diwaikili Kaban  Kesbangpol Aceh Drs Mahdi Ependi, Pangdam IM diwakili Kasdam IM Brigjen TNI  A Daniel Chardin,SE, M Si, Kapolda Aceh. Ketua PD LVRI Aceh Kolonel (Purn) HM Djafar Karim, Ketua DPRA Aceh, unsur Forkopimda Aceh, para Ketua, Sekretaris Markas Cabang LVRI se-Aceh serta  sejumlah undangan lainnya.

Kerua Umum PP PPM Berto Izaak Doko dalam pengarahannya mengatakan, PPM termasuk PPM Aceh adalah oranisasi sosial yang terdiri dari anak-anak dan cucu Veteran.

Diharapkan, agar PPM Aceh agar selalu berkoordinasi dan berkonsilidasi dengan Pengurus LVRi Indonesia  Aceh, karena PPM kembali kebawah naungan LVRI. Disamping itu PPM selalu berkoordiansi dengan Pangdam dan Pemerintah Aceh sehingga dalam menjalankan tugas tidak salah langkah.

“Salah satunya tetap  fokus mensosialisasikan pewarisan jiwa dan nilai-nilai semangat Juang 1945 yang dikenal dengan JSN45  Dengan demikian para generasi muda semakin bertambah semangat nasionalisme dan cinta tanah  air, harap Berto Izaak,” sebutnya.

Ketua DPD LVRI Aceh Kolonel (Purn) HM Djafar Karim  dalam sambutrannya antara lain menyampaikan Syukur Alhamdillah, perjuangan yang cukup gigih dari anak-anak Veteran berhasil mengadakan Kongres PP PPM pimpinan Berto Izaak Doko di Dephan pada Oktober 2019.

Ketua DPD LVRI Aceh Kolonel (Purn) HM Jafar Karim

Hari ini Jumat 31 Januari 2020 kebekuan yang selama ini telah mencair dengan dilantiknya PD PPM Aceh. Kita menemukan kembali anak yang hilang sebagai yang tercantum dalam  tema pada pelantikan PD PPM “ Pemuda Panca Marga kembali kebawah naungan Legiun Veteran Republik Indonesia”.

Dikatakan, LVRI selaku Pembina Ormas PPM brsama Pembina Teritorial Pangdam IM. Kapolda Aceh, Peerintah Aceh  dari lubuk hati yang amat dalam meminta kepada seluruh anak-anak veteran di seluruh Aceh untuk bersatu kembali dalam wadah PD PP.PPM di Kabupaten/Kota. Bersama Veteran selaku  orang tuamu DPD LVRI Aceh melaksanakan program kerja dibawah Panji Panca Marga mengangkat harkat dan martabat Veteran Aceh.

Ditegaskan, Negara Kesatuan RI ada, karean Pengorbanan Para Pejuang. Negara sekarang yang dipimpin generasi penerus jangan melupakan sejarah. “Bangsa yang besar adalah yang tahu dan mau menghargai jasa-jasa pahlawannya”.

Kolonel (Purn) HM Djafar Karim juga menyampaikan dalam pelaksanaan bantuan dan dorongan kepada LVRI sesuai Kepres No 18 tahun 2018 pasal 19, dan surat edaran Mendagri yang ditujukan kepada Gubernur, Bupati, Walikota seluruh Indonesia jangan ada alasan multi tafsir sehingga bantuan untuk LVRI tidak bisa diberikan.

Pemerintah Aceh sangat mendukung pembangunan menonemen perjuangan Veteran Aceh di pusat “Kota Juang Bireuen” dan sudah dibahas bersama Pemkab Bireuen pada 16 Januari 2020 mendapat dukungan semua elemen yang hadir dalam rapat koordinasi di kantor Bupati Bireuen sebelum Bupati H Saifannur kembali  kepada Allah SWT.

Menurut Djafar Karim, Bupati Aceh Tengah Drs Sabella Abubakar telah menyampaikan kepada LVRI Aceh,  2 Januari 2020 dia akan membangun tugu Mr Syarifuddin Prawira Negara di satu daerah persembunyiannya di Aceh Tengah.

Kepada Ketua Umum PP PPM Brto Izaak, Djafar Karim mengingatkan, kemerdekaan RI ditentukan siaran Suara Meredka Radio Rimba Raya milik TNI Divisi X Komandemen Sumatera Langkat dabn Tanah Karo  bermarkas di “Kota Juang Bireuen” yang mengudara di Rimba Raya Aceh Tengah ke seluruh dunia 22 Desember 1948.

Sebagai penyusun berita Radio Rimba Raya  AR Djuli yang hadir di BTU Makodam IM sebagai pelaku sejarah pejuang kemerdekaan Kota Juang Bireuen  turut diperkenalkan Kolonel (Purn) Djafar Karim kepada seluruh hadirin. (H.AR Djuli).

BAGIKAN