KABAR BIREUEN– Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Bireuen, Drs M. Nasir M.Pd melalui Kabid  Budaya dan Pariwisata Kebudayaan, Lisa Iskandar MSM menyebutkan, Aceh International Percussion  (AIP) 2019 diinisiasi oleh Dewan Kesenian Aceh Kabupaten Bireuen sejak tahun 2018 atas persetujuan Bupati Bireuen.

Dibawah leading sektor Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bireuen.

Kegiatan ini terus dilakukan koordinasi intensif dengan pihak penyelenggara dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh.

Hal itu dikatakannya dalam pemaparan dalam temu ramah Bupati Bireuen dengan insan pers, Rabu malam (2/10/2019) di Gazebo Meuligoe Bireuen.

Dikatakannya,  Aceh International Percussion 2019 yang merupakan rangkaian dari peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Bireuen ke-20.

Pada acara AIP tersebut sebagai talent utama, akan dihadirkan pertunjukan perkusi dari 3 negara yakni China, India dan Brunei Darussalam.

“Beberapa negara tidak dapat memenuhi undangan akibat asap dan situasi politik Indonesia yang kurang kondusif. Namun, nantinya pada malam pembukaan akan hadir tim ahli Kementerian Pariwisata RI, Gubernur Aceh dan Wakil Duta Besar India untuk Indonesia sebagai tamu kehormatan,” sebutnya.

Sementara talent nasional akan hadir 5 provinsi yakni Sumatera Utara yang akan mengirimkan 2 tim, Riau, Makasar, Bengkulu dan Papua.

Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 4 hari yakni sejak  12 -15 Oktober 2019.

Kegiatan pertama akan diawali oleh Welcome Dinner pada tanggal 12 Oktober 2019 pukul 19.00 s.d 20.00. Rombongan Gubernur, perwakilan kenegaraan dan nasional akan bersama menuju Stadion Cot Gapu Bireuen untuk mengikuti Opening Ceremony.

Opening Ceremony nantinya akan dibuat semeriah mungkin bersamaan dengan peringatan HUT Kabupaten Bireuen ke-20.

“Dalam pembukaan akan tampil pertunjukan Rapai Pulot Grimpheng dan tari massal dengan total pemain 450 orang oleh DKA Bireuen yang melibatkan seniman tradisi dari seluruh pelosok Kabupaten Bireuen,” katanya.

Nantinya, event ini akan menghadirkan seniman-seniman dunia, nasional dan Aceh seperti Barongsai, Gondang Sembilan, Nazar Debus, KODA, RialDoni dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk closing akan ada penampilan khusus dari Sabyan gambus. Kegiatan ini akan ada berapa sub kegiatan yakni Bireuen Art Carnival pada 13 Oktober 2019 pagi, Panggung Urban sejak 12-15 Oktober 2019 sore dan Expo Kuliner dan Bazar Wisata selama kegiatan. (Ihkwati)

BAGIKAN