Ketua PMI Bireuen, Edi Saputra

KABAR BIREUEN – Menyikapi kekurangan stok darah dalam menghadapi pandemi Covid-19 dan memasuki bulan suci ramadan, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bireuen, Edi Saputra yang biasa disapa Edi Obama mengajak masyarakat untuk terus mendonorkan darah.

“Donor darah manfaatnya sangat besar sekali, baik bagi yang membutuhkan darah maupun pendonor sendiri,” kata Ketua PMI Bireuen Edi Saputra, Jumat (10/4/2020).

Menurut Edi Obama, pada bulan Ramadan, di Unit Transfusi Darah Rumah Sakit (UTDRS) dr Fauziah Bireuen kekurangan stok darah karena tidak ada kegiatan donor darah secara masal.

“Makanya sekarang kami mengajak masyarakat mendonorkan darah untuk stok menghadapi wabah Corona dan memasuki bulan suci Ramadan. Sehingga kita siap dalam situasi apapun,” sebut pemilik Obama Market Bireuen.

Edi Obama mengakui, kondisi saat ini mengumpulkan orang banyak untuk melaksanakan kegiatan donor darah sangat sulit. Tapi darah juga merupakan kebutuhan yang harus tersedia di UTD.

“Kami sangat mengerti dengan kondisi saat ini, masyarakat mematuhi aturan yang diimbau oleh pemerintah untuk tetap berada di rumah, terkait dengan wabah Covid-19, tapi secara fakta di rumah sakit, darah merupakan kebutuhan setiap waktu,” jelasnya.

Tambah Edi Obama, sekarang RSUD dr Fauziah Bireuen telah memiliki mobil donor darah yang melayani kegiatan donor darah keliling dalam wilayah Kabupaten Bireuen.

Jika masyarakat yang berdomisili dekat dengan RSUD dr Fauziah ingin mendonorkan darah, disarankan mendatangi langsung UTD RS di Jalan T. Hamzah Bendahara.

“PMI juga telah menyiapkan protokol penanganan Covid-19 terkait dengan donor darah. Ingat, setetes darah anda menyelamatkan nyawa manusia,” pungkas Edi Saputra.(Rizanur)

BAGIKAN