KABAR BIREUEN- Desa Balee Me, Kecamatan Kutablang, Kabupaten Bireuen, membentuk relawan desa lawan Covid-19 untuk Mencegah virus corona (Covid-19).

Keuchik Balee Me, Muammar Kadafi kepada Kabar Bireuen, Rabu (25/3/2020) menyebutkan, pembentukan relawan tersebut merupakan salah satu langkah yang dilakukan pemerintah Desa Balee Me dalam pencegahan virus menular tersebut.

“Kita bentuk relawan sesuai edaran Menteri Desa PDTT dan sebagai langkah pencegahan Covid-19. Kita berharap dengan usaha yang sudah kita lakukan Allah manjauhi wabah virus yang menular itu,” kata Kadafi.

Relawan tersebut terdiri dari keuchik, perangkat gampong, Bidan Desa, pedamping lokal desa, Badan Permusyawaratan Desa atau Tuha Peut, tokoh agama, tokoh masyarakat, karang taruna dan PKK.

“Relawan ada 19 orang, kita harapkan dengan adanya relawan langkah pencegahan virus corona akan berjalan lancar,” tambah Kadafi yang merupakan ketua relawan.

Adapun tugas relawan lawan covid-19 diantaranya melakukan edukasi melalui sosialisasi yang tepat dengan menjelaskan perihal informasi terkait dengan COVID-19.

“Relawan melakukan sosialisasi mengenai bagai mana gejala bila terinfeksi corona, cara penularan, maupun langkah pencegahannya,” jelasnya.

Relawan desa lawan covid-19 juga akan mendata penduduk rentan sakit seperti orangtua, balita, mengindentifikasi fasilitas fasilitas desa yang bisa dijadikan sebagai ruang isolasi.

Selain itu, juga melakukan penyemprotan disinfektan dan memyediakan cairan pembersih tangan ditempat umum seperti balai desa, pencatatan deteksi dini yang masuk dan keluar desa.(Ihkwati)

BAGIKAN