KABAR BIREUEN – DPR-RI menyambut baik atas dipilihnya putra Papua, Claus Wamafma sebagai Direktur PT Freeport Indonesia (PT FI), karena baru pertama kali putra daerah memimpin perusahaan tambang ini.

Hal itu dikemukakan oleh Drs H Anwar Idris, Anggota Komisi VII DPR RI Fraksi PPP Dapil Aceh II, Kamis (20/2/2020) kepada Kabar Bireuen.

“Kami berharap Claus Wamafma bisa menjadi motor untuk lebih memajukan PT FI dalam memberikan keuntungan bagi Indonesia pada umumnya dan Papua pada khususnya,” sebutnya.

Katanya, penunjukan Claus wamafma sebagai direktur baru PT Freeport Indonesia adalah terobosan bagus dalam upaya memberdayakan sumber daya setempat. Sekaligus bisa membuktikan bahwa sumber daya manusia lokal juga bisa diandalkan untuk bisa menduduki jabatan tinggi.

“Kami yakin banyak putra-putri Papua yang memiliki skil dan kemampuan untuk bekerja dan mengisi jabatan-jabatan strategis di PT FI. Kami meminta kepada bos PT FI untuk mengutamakan masyarakat papua yang punya kapasitas di bidangnya,” ujar politikus tua ini yang pernah menjabat Anggota DPRK Bireuen dan DPR Aceh.

Di bidang sosial, lanjutnya lagi, PT FI harus ikut andil dalam pembangunan infrastruktur, pembangunan sumber daya Manusia (SDM), dan pembangunan ekonomi.

“Sehingga Papua menjadi maju dan berkembang, masyarakatnya lebih sejahtera,” imbuh mantan Ketua PMI Kabupaten Bireuen ini.

Anwar Idris mengharapkan, kekayaan dan sumber daya alam yang ada di Papua dan Indonesia pada umumnya harus bisa dikelola untuk mencapai tujuan kemakmuran rakyat. “Rakyat setempat harus memperoleh prioritas lebih besar,” harapnya.

“Pola pemberdayaan SDM lokal ini tidak hanya perlu diterapkan di Papua, tetapi juga di daerah-daerah lain, seperti Aceh atau daerah lainnya,” papar Anwar Idris. (Rizanur)

BAGIKAN