KABAR BIREUEN-Dua orang mahasiswa Nagoya Gakuin University (NGU) Jepang Horie Mio dan Ando Kazuma yang mengikuti perkuliahan di Univereitas Almuslim Peusangan Bireuen dalam rangka pertukaran mahasiswa kembali ke negaranya.

Mereka kembali karena sudah habis masa perjanjian menempuh kuliah di Umuslim periode ini selama satu semester.

“Mereka direncanakan berangkat pada 21 Februari dengan rute Bandara Sultan Iskanda Muda via Kuala Lumpur dan langsung Ke Nagoya,” jelas Kabag Humas dan Kemahasiswaan Umuslim Zulkifli, M.kom, Jumat (21/2/2020).

Saat penglepasan Plt Rektor Umuslim Dr.Hambali, SE.,MPd mengharapkan kepada dua mahasiswa tersebut agar mengamalkan ilmu yang didapat di umuslim, semua yang diperoleh semoga bisa dipergunakan di Jepang dan dapat memperkenalkan budaya indonesia ke Jepang.

“Dengan kesuksesan program ini saya mengharapkan agar kerjasama antara NGU dan umuslim yang telah dirintis beberapa tahun lalu terus terjalin dengan baik,” harapnya.

Kemudian Direktur Kantor Urusan Internasional (KUI) Universitas Almuslim, Nurdin Abdurrahman mengatakan, mahasiswa Jepang yang pulang ini akan digantikan  mahasiswa lain dari Jepang.

“Rencananya akan tiba dibulan agustus nanti,” ujar  Bupati Bireuen periode 2007-2012.

Nanti puluhan mahasiswa Jepang akan hadir di Umuslim untuk belajar bahasa dan budaya Aceh dan Indonesia selama beberapa minggu.

“Tetapi nantinya diantara mereka akan ada dua orang  kuliah di Umuslim selama satu tahun,” jelas Zulkifli mengutip penjelasan Nurdin Abdurrahman.

Acara  turut dihadiri Wakil Rektor, Kepala Bapel KKM, dekan dan dosen,  turut menampilkan tarian ratoh jarou yang salah satu pemainnya Horie Mio sang mahasiswa Jepang.

Pada kesempatan tersebut Kepala Bapel KKM Drs.Syarkawi, M.Ed menyerahkan sertifikat KKM kepada mereka. (Ihkwati)

BAGIKAN