KABAR BIREUEN – Untuk memastikan ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD) dalam menghadapi pandemi Covid-19, DPRK Bireuen tinjau seluruh puskesmas.

Peninjauan 20 puskesmas dalam Kabupaten Bireuen dilakukan Senin (6/4/2020) oleh Dewan masing-masing dapil (daerah pemilihan).

Ketua DPRK Bireuen, Rusyidi Mukhtar, SSos yang akrab disapa Ceulangiek, kepada Kabar Bireuen mengatakan, menghadapi pandemi Covid-19, Pemkab Bireuen harus memastikan kebutuhan utama di tingkat puskesmas tersedia.

“Untuk menangani pasien Corona, APD adalah kebutuhan utama bagi tenaga medis. Apalagi petugas puskesmas yang paling di depan melaksanakan tugas ini,” katanya.

Sebut politikus Partai Aceh ini, selain APD, kesejahteraan bagi tenaga medis yang terlibat langsung menangani pasien terkena virus Corona harus menjadi perhatian pemerintah. “Mereka (tenaga medis) adalah pahlawan barisan terdepan menghadapi wabah Corona,” sebutnya.

“Kami (dewan) mendukung sepenuhnya kebijakan pemerintah menangani Covid-19. Karena ini menjadi tanggung jawab bersama menyelamatkan rakyat,” tegas mantan kombatan GAM ini.

Hasil kunjungan ke puskesmas – puskesmas, dewan mendapat masukan dari kepala puskesmas dan tenaga medis. “Rata-rata permasalahannya sama, yaitu APD belum memadai,” ungkap Ceulangiek.

Menurut Ceulangiek, dalam setiap pertemuan dengan pihak Dinas Kesehatan Bireuen, Dewan turut mempertanyakan kesiapan APD.

“Walaupun saat ini di Bireuen belum ada pasien yang positif Corona, bukan berarti belum perlu. Jangan sampai nanti ada pasien demam datang ke puskesmas tidak ada yang tangani, takut kalau pasien Corona. Juga sebaliknya, ada pasien yang terinfeksi virus ini ditangani seperti pasien biasa, karena tenaga medis tidak dibekali APD,” papar Ketua DPRK Ceulangik menamsilkan.

Peninjauan puskesmas, lanjut Ceulangiek, dilakukan oleh dewan masing-masing dapil yang dikoordinir Ketua, Wakil Ketua dan Ketua Komisi III.

Dewan dapil I dan VI di bawah koordinator Ketua Komisi III DPRK Bireuen, Teuku Muhammad Mubaraq mengunjungi Puskesmas Kota Juang, Kuala, Jeumpa, Juli I dan Juli II.

Kemudian Ketua DPRK Bireuen, Rusyidi Mukhtar mengkoordinir Dewan dapil II dan III mengunjungi Puskesmas Gandapura, Puskesmas Mon Keulayu, Puskesmas Makmur, Kutablang dan Peusangan.

Besok, Selasa (7/4/2020) dilanjutkan kunjungan ke Puskesmas Cot Iju, Peusangan Selatan, Peusangan Siblah Krueng dan Jangka.

Sedangkan Dewan dapil IV dan V yang dikoordinir Wakil Ketua DPRK, Syauqi Futaqi mengunjungi Puskesmas Peudada, Peulimbang, Jeunieb, Pandrah, Simpang Mamplam dan Samalanga. (Rizanur)

BAGIKAN