KABAR BIREUEN– Dua puluh operator gampong dalam Kabupaten Bireuen mengikuti kegiatan Fasilitasi Profil Gampong (Desa).

Kegiatan yang digelar Pemerintah Kabupaten Bireuen melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong, Perempuan dan Keluarga Berencana (DPMG-PKB) Bireuen, dibuka Kepala DPMG-PKB setempat, Mawardi, SSTP.,M.Si, di lantai 2 Aula Hotel Fajar Bireuen, Rabu (24/11/2021).

Dalam arahanya, Mawardi, mengatakan, profil desa (gampong) adalah gambaran menyeluruh tentang karakter gampong yang meliputi data dasar keluarga, potensi sumber daya alam, sumber daya manusia, kelembagaan, prasarana dan sarana serta perkembangan kemajuan dan permasalahan yang dihadapi gampong.

Penyusunan dan pendayagunaan data profil desa ini merupakan salah satu program pemerintah yang diatur dalam peraturan menteri dalam negeri nomor 12 tahun 2007 tentang pedoman penyusunan dan pendayagunaan data profil desa dan kelurahan.

Data adalah sekumpulan keterangan kuantitatif dan atau kualitatif yang diperoleh secara langsung dari sumbernya yang dapat memberikan gambaran tentang potensi, perkembangan dan permasalahan tertentu.

Penyusunan adalah kegiatan pengumpulan, pengolahan dan publikasi data profil gampong yang meliputi hal-hal yang meliputi data dasar keluarga, potensi gampong dan tingkat perkembangan gampong.

Kegiatan fasilitasi profil desa ini nantinya diharapkan dapat memberi output berupa, tersedianya data dasar keluarga, potensi gampong dan tingkat perkembangan gampong yang akurat, komprehensif dan integral di 20 gampong dari 17 kecamatan dalam kabupaten bireuen.

“Lahirnya 20 orang yang memahami cara pengisian aplikasi profil desa secara on line yang tersebar di 20 gampong dari 17 kecamatan dalam Kabupaten Bireuen,” katanya.

Terwujudnya penyusunan profil gampong di 20 gampong dari 17 Kecamatan dalam kabupaten Bireuen.

Sementara itu, Sekretaris DPMG-PKB Bireuen, Andri Saputra SSTP, mengatakan, kegiatan Fasilitasi Profil Desa tahapan ini diikuti oleh 20 operator gampong dari beberapa kecamatan dalam Kabupaten Bireuen, sebagai peserta.

Kegiatan berlangsung selama dua hari (24-25/11/2021), di Lantai 2, Aula Hotel Fajar Bireuen.

‘Insya Allah kegiatan Fasilitasi Profil Desa tahapan selanjutnya, kita akan mengundang operator gampong dari gampong lainnya sebagai peserta,” jelasnya. (Herman Suesilo).