KABAR BIREUEN-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bireuen, melalui Bidang Pembinaan Sekolah Dasar (SD) menggelar Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) Jenjang Sekolah Dasar tingkat Kabupaten Bireuen Tahun 2021.

Kegiatan ini dibuka oleh Kadisdikbud Bireuen. Muhammad Al Muttaqim, S.Pd.,M.Pd, dalam hal ini diwakili Sekdisdikbud Bireuen, Drs, Asralidin di Aula SKB Disdikbud Bireuen, Selasa (21/9/2021).

Dalam sambutannya, Asralidin menyampaikan apresiasinya atas partisipasi sekolah-sekolah dan peserta yang merupakan perwakilan dari dua belas UPTD Pendidikan mengikuti Pentas PAI 2021 ini.

Dikatakan, perlombaan Pentas PAI ini, bukanlah mencari yang menang dan yang kalah, karena semua peserta adalah para juara dari UPTD Pendidikan masing-masing.

“Kalian adalah juara, pada hari ini kita akan mencari para peserta yang terbaik dari yang baik, yang belum menjadi yang terbaik jangan berputus asa. Masih mempunyai kesempatan untuk memperbaiki diri dan menjadi yang terbaik di kesempatan mendatang,” pesannya.

Asralidin mengharapkan, peserta
Pentas Pai ini, jangan ada yang merasa minder dengan sesama peserta, mungkin ada peserta yang tinggalnya di pelosok kampung (luar dari kota), tidak perlu minder dengan peserta lain yang tinggal di kota ataupun sebaliknya.

“Meski kalian tinggal di kota ataupun di pelosok kampung, kalian harus percaya diri, tunjukan kemapuan yang kalian miliki dan semangat untuk bersaing dengan sportif, karena kemampuan yang dimiliki semua sama, cuma tergantung dari kita sendiri untuk mengoptimalkan kemampuan peribadi kita dan mengasah keterampilan peribadi kita,” harapnya.

Sekdisdikbud Bireuen ini juga berharap, agar peserta berlomba secara fair play dengan sportivitas tinggi, jangan curiga dengan dewan juri dan panitia.

“Karena dari pihak kami siapapun juara tidak diuntungkan dan siapapun tidak menjadi juara tidak dirugikan,”katanya.

Karena, Pentas PAI ini selain dijadikan sebagai sarana silaturahmi dan kebersamaan serta untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengalaman terhadap ajaran Agama Islam.

“Juga untuk mengukur tingkat keberhasilan Pendidikan Agama Islam yang disampaikan oleh para guru khususnya di jenjang sekolah dasar,” ujarnya.

Sebelumnya Kabid Pembinaan SD, Alfian, M. Pd, melaporkan, Kegiatan ini merupakan salah satu agenda strategis Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bireuen, sebagai wadah mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan bakat dan kemampuannya.

Kegiatan ini juga sebagai upaya mendukung Bireuen sebagai kota santri dan dalam rangka mencapai profil pelajar pancasila dan merdeka belajar.

Kegiatan dengan tema “Bangkit Ditengah Pandemi Wujudkan Generasi Qurani” berlangsung selama dua hari, (21-22/9/2021). dilapangan Kantor Disdikbud Bireuen.

Peserta merupakan utusan dari 12 UPTD Pendidikan yang ada dalam Kabupaten Bireuen berjumlah 168 orang disertai 72 orang sebagai pendamping dan 12 orang sebagai koordinator.

“Sebelumnya para peserta terlebih dahulu mengikuti tahapan seleksi di sekolah masing-masing dan seleksi di tingkat UPTD Pendidikan di wilayah masing-masing,” kata Alfian.

Disebutkan, Pentas PAI jenjang Sekolah Dasar Tingkat Kabupaten Bireuen tahun 2021 ini, memperlombakan enam mata lomba, yaitu lomba Azan, Pidato, Tilawah, Hifdzil Qur’an. Kaligrafi dan Cerdas Cermat.

“Juara dimasing-masing mata lomba, Insya Allah akan mewakili Kabupaten Bireuen di ajang yang sama tingkat Provinsi, ” jelasnya. (Herman Suesilo)