KABAR BIREUEN-Ulama Kharismatik Aceh Tgk H Hasanoel Bashry (Abu Mudi Samalanga) meresmikan Dayah Tanwirul Qulub Al-Aiziyah, Bale Habib Gampong Cot Girek, Kecamatan Peusangan, Bireuen, Selasa, (3/2/2020).

Peresmian dayah tersebut dirangkai peringatan Maulid Nabi besar Muhammad SAW, yang dilaksanakan selama satu hari satu malam oleh pimpinan, seluruh para jamaah pengajian beserta santriwan dan santriwati Dayah itu.

Maulid tersebut disemarakkan dengan pembacaan shalawat yang dilantunkan oleh tim khadarah yang berasal dari Dayah Mudi Mesra Samalanga, Kabupaten Bireuen.

Pimpinan Dayah Tanwirul Qulub Al-Aziziyah, Tgk H Jalaluddin H Mukhtar Abas,  mengatakan, dayah yang pimpinnya tersebut, sudah tiga tahun berjalan dan baru ini diresmikan. Didayah tersebut sudah memiliki santriwan dan santriwati.

Dayah ini diresmikan sekaligus dengan memperingati maulidurrasul. Tanpa Nabi, kita bukan apa-apa hari ini dan harus kita peringati setahun sekali.

“Untuk kedepan kegiatan seperti ini, terus dilakukan hanya berbeda nama, dinamakan dengan Haul,” katanya.

Kegiatan ini, katanya, juga bisa dijadikan merajut silaturahmi antara sesama, karebn bersilaturrahmi dianjurkan oleh Nabi Muhammad.

“Semoga  apa yang kita lakukan ini, diberikan keberkahaan oleh Allah SWT dan bisa menjadi rahmat. Tempat pendidikan kita ini agar bisa melahirkan generasi generasi yang beraqidah ahli sunnah wal jamaah dan menjadi benteng dari pengaruh aliran aliran sesat, sebagaimana tercantum dalam pohon kerajaan Aceh masa Alaidin Mugayat Syah,” harapnya.

Hadir pada peresmian dan Maulidurrasul , Tgk H Ahmad Tajuddin (Abi Lampisang), Pimpinan Dayah Darul Mujahidin Aceh, Tgk Muslim At Thahiri,
Rektor Institut Agama Islam (IAI) Al Aziziyah, Samalanga Bireuen, Dr Tgk Muntasir A Kadir, Kankemenag Bireuen, Drs H Zulkifli Idris MPd dan tokoh masyarakat, dan tamu undangan lainnya. (Ihkwati)

BAGIKAN