KABAR BIREUEN-Pemerintah Kabupaten Bireuen melalui Dinas Sosial (Dinsos) setempat, menyerahkan bantuan Paket Modal Usaha kepada pengemis

Bantuan berupa hewan ternak dan Rangka Becak lengkap serta Timbangan Duduk diberikan kepada pengemis yang ditangkap (ditertibkan) pada tahun 2018 lalu dalam Kabupaten Bireuen.

Bantuan itu, diantar dan diserahkan langsung dikediaman masing-masing sipenerima manfaat, oleh Kabid Rehabilitasi Sosial, Faisal Kamal S.Sos, didamping Kasie Pendampingan Sosial, Ery Syah Reza.TKSK masing-masing kecamatan dalam Kabupaten Bireuen, Perangkat masing-masing Gampong, dan beberapa warga sekitar rumah sipenerima.

Kabid Rehabilitasi Sosial, Faisal Kamal S.Sos, didampingan Kasie Pendamping Sosial, Ery Syah Reza, diruang kerjanya.Kamis.(5/12/2019) kepada Kabar Bireuen mengatakan bantuan tersebut diberikan untuk 9 orang tercatat sebagai pengemis, khusus warga Kabupaten Bireuen.

Nantinya, mereka akan dipantau oleh petugas dari Dinsos Bireuen dan perangkat gampong setempat agar usaha mereka bisa berjalan lancar dan dapat memenuhi kebutuhan hidup keluarganya.

Dijelaskan, sebelumnya mereka mengajukan permohonan ke Dinas Sosial Bireuen, untuk mendapatkan bantuan tersebut, tentunya permohonan tersebut, harus sesuai dengan mekanisme serta peraturan yang berlaku,” ujar Faisal.

Kasie Pelayanan Sosial Dinas Sosial Bireuen, Ery Syah Reza menambahkan, Jenis bantuan yang diberikan bervariasi, sesuai dengan pengajuan permohonan mereka.

Kesembilan orang tersebut, yakni, Nurdin Ibrahim (Desa Geulanggang Teungoh, Kecamat Kota Juang). Saidah Ismail (Desa Mon Jambe, Kecamatan Gandapura). Murdani Yusuf (Desa Ulee Gajah, Kecamatan Jeunib) dan Yuslaini M. Yusuf (Desa Peuneulet Teungoh,Kecamatan Simpang Mamplam) mereka masing-masing menerima bantuan 3 ekor ternak kambing.

Selanjutnya,Ti Hawa (Desa Cot Puuk, Kecamatan Gandapura).bantuan diberikan berupa 3 ekor Ternak Domba Kibas

Kemudian bantuan berupa 60 ekor Ternak Ayam, Pakan Telur 50 kg, Dedak halus 50 kg dan Polynet 34 m, diserahkan kepada Zakaria Ahmad (Desa Alue Buya Pasie, Kecamatan Jangka).

Bantuan berupa 70 ekor Ternak Bebek Petelur, Pakan Telur 50 kg, Dedak halus 50 kg dan Polynet 33 m, diserahkan kepada Salamah Piah (Desa Peuneulet Tunong, Kecamatan Simpang Mamplam) dan Ridwan Yusuf (Desa Pandrah Janeng, Kecamatan Pandrah).

Serta bantuan berupa 1 unit rangka becak barang beserta Pelengkapannya dan 1 unit Timbangan Duduk 100 kg, diserahkan kepada Dahlan Ramli (Desa Paya Timu, Kecamatan Peudada).

Ditempat terpisah Kepala Dinsos Bireuen Drs Murdani mengharapkan kepada sipenerima manfaat, supaya bantuan ini bisa bermanfaat menjadi modal dalam usahanya, dan dapat mengubah pola hidup.

Murdani mengharapkan, setelah menerima bantuan ini, tidak ada lagi warga yang mengemis (meminta-minta) sebagai mata pencarian, baik di daerah sendiri maupun diluar daerah.

“Kepada Keuchik, Perangkat Gampong dan Tuha Peut agar dapat terus membina warganya, yang kurang mampu, mungkin juga bisa dianggarkan dari dana desa untuk membantu mereka, dengan catatan berdasarkan dari hasil musyawarah gampong,” kata Murdani. (Herman Suesilo)

BAGIKAN