KABAR BIREUEN-Upaya meningkatkan kapasitas pengurus Dasa Wisma PKK gampong, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kecamatan Peusangan, laksanakan pelatihan.

Pelatihan yang diikuti 400 orang peserta ini, berlangsung selama dua hari di Balai Desa Kecamatan Peusangan. Senin (27/1/2020) dan Rabu (29/1/2020).

Ketua TP PKK Kecamatan Peusangan Ida Arini,S.Ked, kepada Kabar Bireuen mengatakan, Peserta pelatihan diikuti oleh 400 peserta dari 200 kelompok Dasa Wisma gampong yang ada dalam Kecamatan Peusangan.

“Setiap kelompok mengutuskan dua orang sebagai peserta terdiri dari ketua kelompok Dasa Wisma dan sekretaris,” jelas Ida Arini.

Disebutkan, jumlah kelompok Dasa Wisma yang ada di Kecamatan Peusangan sebanyak 530 kelompok, akan tetapi, hanya 200 kelompok yang diikut sertakan dalam pelatihan tahun ini, Insya Allah selebihnya kita ikut sertakan pada tahun depan.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, dibagi dua angkatan, setiap angkatan diikuti 200 orang peserta, angkatan ke 1 diadakan pada Senin, 27/1 dan angkatan ke 2, Rabu 29/1, pelatihan dilaksanakan di Balai Desa Kecamatan setempat, ujar Ketua TP PKK Kecamatan Peusangan.

Menurutnya, pelatihan Dasa Wisma ini merupakan momentum yang sangat penting untuk penguatan Dasa Wisma baik dalam program kerja maupun kelompok Dasa Wisma yang ada di gampong.

Karena Dasa Wisma merupakan ujung tombak terdepan untuk menggerakan sepuluh kegiatan pokok pkk di dalam kehidupan masyarakat gampong.

Dasa Wisma adalah kelompok ibu berasal dari 10-20 KK (kepala keluarga) rumah yang bertetangga dalam masing-masing dusun di gampong masing-masing untuk mempermudah jalannya 10 program PKK, ujar Ida Arini.

Ditempat terpisah Pembina TP PKK Kecamatan Peusangan Erry Seprinaldi, SSTP, S. Sos,. M.Si menyambut baik kegiatan ini, karena dalam Dasa wisma itu menyangkut kegiatan-kegiatan pokok yang terutama yang berkenaan dengan data , tidak mungkin gampong bisa mendata semua warganya. disinilah peranan Dasa wisma tersebut.

Erry berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kapasitas PKK gampong, supaya kualitas setiap data PKK gampong yang dikirim ke PKK kecamatan semakin baik

Selain itu, peserta yang mengikuti pelatihan ini, kiranya dapat mentransfer ilmu yang didapatkan kepada pengurus Dasa Wisma yang belum mengikuti pelatihan. (Herman Suesilo).

BAGIKAN