KABAR BIREUEN – Dibawah guyuran hujan leba, Camat Makmur, Azmi S.Ag membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke – 35 tingkat kecamatan yang berlangsung di halaman kantor camat setempat, Selasa (6/4/2021) malam.

Dalam sambutan, Camat Azmi mengajak para peserta musabaqah agar tampil maksimal sehingga menjadi yang terbaik di masing- masing cabang yang diikuti.

“Mari kita mamfaat kesempatan ini untuk melahirkan qari qariah terbaik untuk mewakili makmur ke tingkat kabupaten nanti,” ajak Azmi.

Pada kesempatan itu juga, Azmi S.Ag mengharapkan kepada dewan hakim agar menilai dengan transparan dan berdasarkan standar penilaian.

“Standar nilai menjadi patokan lolosnya peserta ke MTQ Kabupaten, maka bagi yang tidak memenuhi itu akan gagal menjadi duta kecamatan,” tegas Camat Azmi.

Sebelumnya, Ketua Panitia MTQ, Tgk.Azharudin dalam laporannya mengatakan, musabaqah ini berlangsung mulai 6 – 10 April 2021 dengan jumlah peserta 66 orang.

Menurutnya, sebanyak empat cabang diperlombakan pada tahun ini, yakni cabang tilawah meliputi golongan tartil 7 peserta, kanak- kanak 5 peserta, remaja 9 peserta dan dewasa 4 peserta.

Sementara cabang lainnya adalah, cabang Hifzil Qur’an 1 Juz dan tilawah 3 orang dan 5 Juz 1 peserta. Kemudian cabang Fahmil Qur’an diikuti 7 group putrà putri dan 3 group cabang syarhil qur’an.

“Disamping untuk menggapai prestasi dalam ajang MTQ, kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahmi antar sesama kafilah untuk membina ukhuwah islamiyah,” sebut Tgk.Azharuddin

MTQ yang diikuti oleh kontingen perwakilan empat kemukiman berlangsung sukses, diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Tgk.Ulul Azmi dan ikut dihadiri Danramil , Kapolsek, Keuchik , tokoh masyarakat dan para undangan lainnya.(Faisal Ali)