Seratusan siswa tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri dan Swasta se Kabupaten Bireuen mengikuti seleksi kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tahun 2018.

KABAR BIREUEN-Seratusan siswa tingkat Sekolah  Menengah Pertama (SMP) Negeri dan Swasta se Kabupaten Bireuen mengikuti seleksi kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tahun 2018.

Kegiatan ini, diselenggarakan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bireuen melalui Bidang Pembinaan SMP, berlangsung selama dua hari, 20-21 Juni 2018 di empat lokasi.

Di sela-sela kegiatan Panitia pelaksana Drs, Teuku Syukri M.Pd, didamping Zamzami S.Pd kepada Kabar Bireuen mengatakan, O2SN ini mengangkat tema Melalui Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (02SN) Membentuk Pelajar Yang Berprestasi Akademi Olahraga Dan Berbudi Pekerti Luhur.

Peserta terdiri dari para pelajar SMP Negeri dan Swasta dalam Kabupaten Bireuen, mereka akan mengikuti 5 cabang olahraga (cabor) yang diperlombakan.

” Juara pertama pada masing-masing cabor putra dan putri, akan mewakili Kabupatan Bireuen untu mengikuti seleksi di event yang sama tingkat Provinsi di Banda Aceh pada ( 26/6/2018) ini,” jelas Teuku Syukri yang juga sebagai Kabidang Pembinaan SMP di Disdikpora Bireuen ini.

Meskipun dalam susana lebaran kita tetap omptimis gelar kegiatan O2SN ini yang memiliki nilai yang sangat positif di antaranya meningkatkan kecintaan pada olahraga, menjaga sportivitas dan tanggung jawab serta mencari bibit-bibit berbakat dalam dunia olahraga sejak usia sekolah.

Sementara itu, Kasi Kelembagaan dan Sarana Prasarana Zamzami S.Pd merincikan, O2SN ini di ikuti 146 pelajar putra dan putri tingkat SMP.

Ada lima cabor yang diperlombakan, yaitu cabor Atletik, tempat perlombaan di Lapangan SMPN 1 Bireuen, nomor pertandingan yang diperlombakan, Lari 60 meter, Lompat Jauh, Tolak Peluru,

Cabor Bulutangkis, tempat perlombaan di Lapangan Sukma Bangsa Bireuen, nomor pertandingan yang diperlombakan, Tunggal Putra dan Putri.

Kemudian cabor Karate (kata) tempat perlombaan di GOR Bireuen, nomor pertandingan yang diperlombakan, Kata Putra -50 kg  dan +50 kg. Kumite  Putri -45 kg dan + 45 kg.

Cabor Pencak Silat, tempat perlombaan di GOR Bireuen, nomor pertandingan yang diperlombakan, Tunggal Putra dan Putri, Tanding Kelas D (39-42 kg), Tanding Kelas E (42-45 kg), Tanding Kelas F (45-48 kg).

Selanjutnya, cabor Renang tempat perlombaan di Kolam renang PT.Arun Lhokseumawe, nomor pertandingan yang diperlombakan, 50 m gaya bebas, 50 m gaya dada, 50 m gaya punggung, 50 m gaya kupu-kupu, 100 m gaya bebas dan 100 m gaya dada.

Dijelaskan, kegiatan O2SN ini,  diharapkan dapat dijadikan wahana untuk pembinaan jasmani, kesehatan dan prestasi di bidang olahraga, sekaligus dapat menjadi wadah untuk menyalurkan minat dan bakat siswa di bidang olahraga. (Herman Suesilo).

 

BAGIKAN