KABAR BIREUEN-Bupati Bireuen diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan, Keistimewaan Aceh dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Bireuen, Zaldi. AP, S.Sos,secara resmi membuka kegiatan Bimbingan Teknis Operator Aplikasi Sistem Informasi Gampong (Sigap) Tahun Anggaran 2021.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh BKAD se Kabupaten Bireuen bekerjasama dengan Lembaga Aceh Resource And Development, berlangsung di Aula AAC Ampon Chiek Universitas Almuslim Peusangan, Kamis (1/4/2021).

Hadir dalam kegiatan itu antara lain
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong, Perempuan dan Keluarga Berencana (DPMG-PKB) Bireuen, Mulyadi SH. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Bireuen, M. Zubair, SH.,MH.

Kemudian, Kepala Bagian Pemerintahan Bireuen, Erry Seprinaldi, S.STP, S.Sos, M.Si, Camat Kota Juang, Drs. Jalaluddin, M.Si. Para BKAD dalam Kabupaten Bireuen, Tim Help Desk SIGAP Kabupaten Bireuen, Tim KOMPAK Aceh dan undangan lainnya.

Kepala DPMG-PKB Bireuen, Mulyadi SH, dalam laporanya, mengatakan Kegiatan pelatihan operator Gampong dalam pemanfaatan Aplikasi SIGAP ini, merupakan amanat dan tindak lanjut dari Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, pada bagian ketiga pasal 86, yaitu Sistem Informast Perdesaan,

Serta bagian dari optimalisasi pelaksanaan Surat Edaran Bupati Bireuen Nomor 100/949/SE/2020 tentang Penerapan Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Gampong (SIGAP) di Kabupaten Bireuen.

Pelatihan operator SIGAP ini, difasilitasi melalui Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) se Kabupaten Bireuen, berlangsung selama 10 (sepuluh) hari (1-10/4/2021), diikuti 609 operator gampong,

Selama kegiatan berlangsung peserta di bagi ruang kelas, setiap ruang kelas diisi 23 peserta, serta wajib mengikuti ketentuan protokol kesehatan, yaitu jaga jarak, menggunakan masker dan lain-lain.

Selanjutnya masing-masing kelas akan dilatih dua orang tenaga pelatih yang sebelumnya sudah di ToT kan oleh KOMPAK

“Besar harapan kami bahwa semua peserta yang hadir agar benar-benar mengikuti pelatihan secara serius agar benar-benar menguasai terhadap materi-materi dan praktek penginputan yang diajarkan oleh pelatih dan nantinya Operator Sistem Informasi Gampong (SIGAP) dalam wilayah Kabupaten Bireuen mampu melahirkan Gampong Digital Dalam Mewujudkan Keterbukaan Informasi untuk masyarakat sebagaimana perioritas Pemerintah Pusat agar tahun 2021 merupak era Desa Digita atau Go Digital,” harapnya

Pada kesempatan itu, Asisten I Setdakab Bireuen. Zaldi. AP, S.Sos, membacakan sambutan tertulis Bupati Bireuen.

Dalam inti sambutan tersebut diharapkan, setelah pelatihan ini nantinya Pemerintah Gampong paham dalam penggunaan Sistem Informasi Gampong (SIGAP) versi 1.7.5, khususnya operator gampong, sehingga dapat membangun keterpaduan informasi, data, dan layanan dibawah kontrol Pemerintah Kecamatan, Kabupaten dan Pemerintah Provinsi Aceh.

Selain itu, melalui aplikasi SIGAP ini nantinya diharapkan Pemerintah Gampong sudah bisa melakukan perencanaan berbasis data serta pemanfaatan data untuk layanan kesehatan, Pendidikan, administrasi kependudukan dan juga menyangkut dengan layanan surat menyurat di Gampong.

Kepada DPMGPKB Kabupaten Bireuen diharapkan agar benar-benar mengawal dan mengasistensi Gampong agar kedepan Gampong harus serba cepat, jangan lagi sibuk dengan urusan manual dan harus familiar dengan pemanfaatan tehnologi seperti SIGAP, Siskeudes dan aplikasi lain di gampong.

Sehingga pemerintah Kecamatan, Kabupaten dan Provinsi dapat lebih mudah dan cepat mengetahui informasi pembangunan Gampong melalui dashboard yang dibangun dalam aplikasi.

Selanjutnya kepada Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Bireuen, optimalisasi tim help desk yang sudah terbentuk agar benar-benar maksimal mendampingi operator SIGAP dalam pemanfaatan aplikasi SIGAP di Gampong.

“Kami sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini agar dapat “Melahirkan Gampong Digital Dalam Mewujudkan Keterbukaan Informasi untuk Masyarakat,” katanya.

Kegiatan ini dirangkai dengan demo penggunaan vitur layanan administrasi surat menyurat dan penyerahan Berita Acara Serah Terima Akun Aplikasi Sigap (Herman Suesilo)