KABAR BIREUEN – Tiga lembaga pendidikan di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Bireuen , MTsN 10 Bireuen, MIN 18 Bireuen dan MIN 40 Bireuen , wilayah Kecamatan Makmur , menyembelih lima ekor sapi Qurban pada hari kedua dan ketiga Idul Adha 1441 Hijriah di madrasah setempat.

Pada hari kedua Idul Adha, Sabtu ( 1/8/2020) , dua madrasah melakukan penyembelihan hewan Qurban di dua tempat berbeda yaitu di MTsN 10
Bireuen dan MIN 18 Bireuen.

Di MTsN 10 Bireuen, satu sapi qurban dari guru disembelih di madrasah setempat untuk dibagikan kepada siswa 79 siswa baru kelas VII dan 15 orang penerima lainnya.

Kepala MTsN 10 Bireuen, H.Ziauddin kepada media mengatakan, pelaksanaan qurban di madrasah merupakan agenda rutin dari patungan para guru .

“Semoga daging Qurban ini bermamfaat bagi siswa kami dan keluarganya,” harap H.Ziauddin.

Pada hari yang sama, MIN 18 Bireuen di Leubu Mee juga melaksanakan penyembelihan dua hewan Qurban dan diperuntukkan kepada semua siswa sebanyak 154 orang.

“Dua Sapi Qurban dari para guru ini, dagingnya dibagikan kepada seluruh siswa sebanyak 154 orang,” kata Hj.Nasriah, S.Ag.MA kepala MIN 18 Bireuen.

Sementara itu pada hari raya ketiga, Minggu (2/8/2020) Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 40 Bireuen di Ulee Gle juga menyembelih dua ekor sapi qurban.

Kepala MIN 40 Bireuen, Rohani, S.Ag kepada Kabar Bireuen menjelaskan, kegiatan qurban di madrasahnya baru tahun ini digelar dan ini akan menjadi kegiatan rutin setiap hari raya Idul Adha .

“Ini merupakan kegiatan perdana yang kami laksanakan, harapan kami ini semua dapat bermakna bagi siswa dan keluarga besar madrasah kami,” jelas Rohani.

Untuk pendistribusian daging Qurban, MIN 40 Bireuen menyalurkan k├Ępada semua siswa .

“Untuk pendistribusian daging qurban, MIN 40 Bireuen menyalurkan untuk semua siswa berjumlah 153 orang,” terang Raudhah.

Secara keseluruhan pelaksanaan kegiatan qurban di tiga madrasah berjalan lancar dan sukses serta kehadiran siswa mengambil paket mencapai 100 persen. (Faisal Ali)

BAGIKAN