Personel Kodim 0111/Bireuen dibantu Polres Bireuen semprot disinfektan di Terminal Bireuen

KABAR BIREUEN– Dandim 0111/Bireuen, Letnan Kolonel Inf Zainal Abidin Rambe, menginisiasi gerak cepat pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19), dengan melaksanakan penyemprotan disinfektan di sejumlah fasilitas umum di Kabupaten Bireuen.

Penanggulangan/Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) juga diikuti oleh personel Koramil 01/Bireuen Kodim 0111 /Bireuen dan personil Polres Bireuen, Selasa (31/3/2020).

Sebelum pelaksanaan penyemprotan disinfektan, terlebih dahulu Dandim 0111/Bireuen beserta segenap unsur Forkopimda Kabupaten Bireuen dan Satuan Tugas yang dihadiri oleh Plt Bupati Bireuen, Kapolres Bireuen, Danyon RK 113/JS, Danrmil 01, Kapolsek Kota Juang serta Camat Kota Juang, menyampaikan teknis kegiatan, titik sasaran serta pelaksanaan dengan sasaran terminal Bireuen dan Kota Bireuen sampai Matangglumpadua, Peusangan.

Penyemprotan disinfektan dilakukan dengan sasaran fasilitas militer, failitas umum dan tempat ibadah serta mengerahkan personel di satuannya bekerja sama dengan Pemkab setempat untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

Sarana angkutan yang digunakan dalam penyemprotan disinfektan tersebut dengan mengerahkan  satu unit kendaran roda empat dari Denpal Kodim 0111/Bireuen, Water Canon dari Polres Bireuen, 6 alat semprot dari Kodim 0111/Bireuen, 5 alat semprot dari BPBD Bireuen, satu unit kendaraan Damkar dari Damkar Bireuen serta 4 penyemprot dari PMI Bireuen.

Dandim 0111/Bireuen, Letkol Inf Zainal Abidin Rambe juga memerintahkan kepada seluruh jajaran Koramil agar mengerahkan segala daya dan upaya dengan cara memodifikasi kendaraan dinas yang ada sehingga dapat digunakan untuk melakukan penyemprotan disinfektan.

“Misalnya kendaraan bak terbuka yang dipasang tangki air dilengkapi alat penyemprot dan menggunakan alat semprot padi/manual sebagaimana yang digunakan oleh para Babinsa jajaran Kodim 0111/Bireuen,’katanya.

Dandim 0111/Bireuen pada kesempatan tersebut menyampaikan, pembersihan serta penyemprotan disinfektan ini dalam rangka menekan penyebaran virus corona yang lagi merebak di Indonesia, khususnya di wilayah kabupaten Bireuen Dandim mengerahkan seluruh personel jajaran TNI (Kodim 0111/Bireuen) yang disebar di lokasi yang sudah ditentukan.

“Saya sudah memerintahkan Koramil jajaran yang terdiri dari 10 Koramil bekerja sama dengan Forkopimda setempat, untuk melaksanakan penyemprotan di wilayah masing masing dengan sasaran fasilitas militer, fasilitas umum dan tempat tempat ibadah. Inilah saatnya kita bersatu, bahu-membahu menghadapi ancaman virus corona,” ungkapnya.

Selain itu, Dandim juga menghimbau segenap masyarakat dijajaran Kodim 0111/Bireuen, agar tidak panik.

“Oleh karenanya, agar masyarakat dapat mematuhi peraturan-peraturan yang ditetapkan dalam menghadapi bencana ini dengan melaksanakan physical distancing (jaga jarak antar perorangan yaitu 1,5 sampai dengan 2 meter), hindari kerumunan secara masal serta menjaga kebersihan diri sendiri, keluarga dan lingkungannya,” pungkasnya. (Ihkwati)

BAGIKAN