KABAR BIREUEN – Bupati Bireuen Dr. H. Muzakkar A Gani,SH, MSi meresmikan Masjid Nurullah di Gampong Buket Sudan Kecamatan Peusangan Siblah Krueng Kabupaten Bireuen, Jumat (21/1/2022)

Pada acara itu hadir H. Subarni A Gani beserta keluarga besarnya, Ketua DPRK Bireuen Rusyidi Mukhtar, SSos, pejabat Forkopimda, Ketua KONI Bireuen H. Mukhlis, Amd SH, Camat Peusangan Siblah Krueng Azhari, SSos, dan Keuchik (Kades) Gampong Buket Sudan dan Alue Geulumpang serta masyarakat dari dua gampong setempat.

Bupati Bireuen Dr. H. Muzakkar A Gani, SH MSi saat meresmikan Masjid Nurullah yang merupakan mesjid wakaf H. Subarni A Gani (Haji Subar) mengharapkan kepada masyarakat di dua gampong pedalamam Kabupaten Bireuen itu supaya menjaga kebersihan dan memakmurkan mesjid tersebut.

Sebut Muzakkar A Gani, rumah Allah itu selain untuk tempat mengerjakan salat lima waktu dan salat lainnya juga dapat dimanfaatkan untuk tempat bermusyawarah dalam mewujudkan pembangunan di dua gampong setempat.

Berikutnya, Muzakkar A Gani juga mengucapkan terima kasih kepada H. Subarni A Gani beserta keluarga besarnya yang telah mewakafkan mesjid untuk tempat sujud masyarakat dari dua gampong di pedalaman Kabupaten Bireuen.

“Di sini, saya atas nama pribadi dan juga atas nama Pemerintah Kabupaten Bireuen mengucapkan terima kasih untuk Haji Subarni dan seluruh keluarganya atas dedikasi, partisipasi dan bantuannya,” sebut Bupati Bireuen Muzakkar A Gani.

Sementara H. Subarni A Gani yang akrab disapa Haji Subar mengatakan, mesjid yang diwakafkan atas nama keluarga besarnya itu berukuran 12 kali 18 meter. Mesjid yang terletak di pinggir jalan kecamatan itu mulai dibangun pada Agustus 2020 dan mesjid itu dapat menampung 400 jamaah.

“Saya pesankan kepada masyarakat di sini, mesjid ini supaya dijaga dan dirawat dalam artian, menjaga kebersihannya dan memakmurkan mesjid dengan salat berjamaah,” sebut Haji Subar yang dikenal sebagai pengusaha sukses yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit.

Seterusnya Haji Subar mengikrarkan mesjid dengan bangunannya yang menyerupai mesjid di negeri Arab itu diwakafkan atas niat untuk orangtua dan keluarga besarnya.

“Saya nyatakan wakaf ini, pertama untuk Almarhum Abdul Gani bin Hanafiah dan Hajjah Siti Nurullah binti Bahrun. Keduanya adalah orangtua kandung saya. Almarhum Haji Usman Ben Teungku Gampong Cut dan Almarhumah Hajjah Siti Mariam binti Thaher. Kedua ini adalah bapak dan ibu mertua saya. Yang ketiga, wakaf ini saya niatkan untuk abang kandung saya Almarhum Yusri bin Abdul Gani dan Auliah Harahap,” sebut Haji Subar.

Sedangkan Keuchik Gampong (Desa) Buket Sudan Afifuddin Sabil dalam sambutannya mengatakan, H. Subarni A Gani yang mewakafkan mesjid ini telah lama berbaur dengan masyarakat di dua gampong setempat.

“Masyarakat dari dua gampong ini mengucapkan terima kasih kepada Teungku Haji Subarni yang mewakafkan mesjid tempat sujud kami dari dua gampong ini,” sebutnya.

Pada kesempatan tersebut Keuchik Buket Sudan juga menyinggung dengan kondisi jalan menuju kawasan pedalaman Kabupaten Bireuen.

“Jalan telah banyak yang rusak parah, semoga ada perhatian dari Bapak Bupati Bireuen. Anak anak Sekolah sangat sulit melintas menuju sekolah,” ujar Keuchik Afifuddin Sabil.

Selain meresmikan mesjid tersebut, Bupati Bireuen Muzakkar A Gani juga melantik Tgk. Amiruddin sebagai Pelaksana Tugas Imum Syeik (Iman) Mesjid Nurullah.

Amatan Kabar Bireuen, acara serimonial peresmian Mesjid Nurullah di Gampong Buket Sudan berlangsung dalam suasana penuh rasa kekeluargaan.

Sebelum melaksanakan salat jumat, masyarakat dari dua gampong bersama pejabat kecamatan, kabupaten menikmati makan siang dengan menu masakan daging sapi.

Tentang Masjid Nurullah yang diresmikan Bupati Bireuen Muzakkar A Gani dilengkapi dengan fasilitas kamar mandi, tempat berwudhuk dan pagar. (Rizanur)