KABAR BIREUEN – Bupati Bireuen, Dr.H.Muzakkar A.Gani, SH, MSi melantik dan memgambil sumpah empat imum mukim periode 2020 – 2025 di Kecamatan Makmur, Kabupaten Bireuen, Kamis ( 2/7/2020 ) di Gedung Serbaguna, Ulee Gle.

Mereka yang dilantik , Husaini sebagai imum mukim Suka Makmur menggantikan Muhammad Abdullah, selanjutnya M.Isa mukim Suka Maju menggantikan M.Isa Ibrahim, berikut Muhibuddin dilantik untuk mukim Suka Damai menggantikan posisi M.Amin sedangkan kemukiman Suka Jaya dijabat oleh Syarihuddin menggantikan Ramli Arahman.

Bupati Bireuen, Muzakkar A.Gani dalam sambutannya mengatakan, Tugas utama mukim sesuai Qanun nomor 4 Tahun 2012 yaitu menyelenggarakan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, membina masyarakat serta peningkatan pelaksanaan adat dan syariat Islam.

Disamping itu mukim mempunyai peran serta dalam masyarakat, bertindak sebagai pemuka penyelenggara adat. Menurut undang – undang peran mukim secara hirarki berada dibawah camat dan diatas para keuchik.

“Oleh karena itu saya berharap imum mukim bisa menghidupkan dan menjalankan tugas dengan baik sesuai kewenangan yang ada,” kata Muzakkar.

Lebih lanjut Bupati Muzakkar menyinggung tentang keberadaan lembaga adat yang sedikit kurang dihiraukan baik ditingkat Provinsi maupun Kabupaten kota, padahal kita tahu bahwa zaman dahulu Aceh dibangun kental dengan adat istiadat umpama kata bijak “Agama dengan adat ,lage zat ngon sifeut”.

” Ketika adat tidak kita hargai secara tidak langsung nilai keagamaan sudah mulai terkikis, maka membangun nilai religius merupakan bagian menghargai adat istiadat,” jelas Muzakkar.

Pada sesi terakhir sambutanny, bupati mengajak imum mukim untuk membangun kembali nilai – nilai adat sehingga kita bisa menyelesaikan persoalan sesuai adat istiadat .

Pada kesempatan lain, Camat Makmur, Azmi S.Ag mengucapkan terima kasih kepada panitia pemilihan mukim yang telah bekerja keras mulai dari proses penjaringan calon, seleksi administrasi, pemilihan hingga acara pelantikan.

“Terima kasih banyak untuk panitia yang sudah bekerja maksimal dalam mensukseskan pemilihan imum mukim,” ujar Camat Azmi.

Turut hadir pada acara pelantikan, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Irfan S.Pd, M.Pd, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong, Mulyadi, Kadis Kesehatan, dr. Irwan A.Gani, Kadis Sosial Mulyadi Kasem, Kadis PUPR, Kepala Baital Mal, Kepala Kesbangpol, Kabag Pemerintahan, Kabag Hukum ,Armadi S.Hi, Kapolsek, Danramil, Keuchik, Tuha Peut, Alim Ulama, tokoh masyarakat dan tokoh wanita. (Faisal Ali/*)

BAGIKAN