KABAR BIREUEN-Bireuen salah satu Kabupaten Kreatif Sub Sektor Seni Pertunjukan, sukses pamerkan hasil karya kreatifnya, pada acara KaTa Kreatif, Daring Festival Subsektor Seni Pertunjukan yang diadakan oleh Kemenparekraf RI.

Ajang yang diselenggarakan pada, Minggu, 25 Oktober 2020, secara daring melalui Cahnnel Youtube Kemenparekraf RI. Bireuen melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Bireuen, memamerkan Tari Meuseuraya.

Pada Festival Sub Sektor Seni Pertunjukan KaTa Kreatif 2020 ini, Bireuen berkolaborasi dengan 5 Kabupaten/Kota lainnya, yaitu Kabupaten Majalengka Jawa Barat, Kabupaten Deli Serdang, Kota Tanjung Pinang, Kabupaten Sragen, dan Kabupaten Gianyar.

Kegiatan secara live tersebut, disaksikan langsung Bupati Bireuen, Dr. H. Muzakkar, A. Gani, S.H.,M.Si didampingi Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten (Disporapar) Bireuen M. Al Muttaqin, S.Pd., M. Pd beserta jajarannya, melalui kanal Youtube Kemenparekraf, di Aula Setdakab Bireuen. Minggu, (25/10/2020) sore.

Bupati Muzakkar kepada wartawan mengatakan, kegiatan ini sangat kreatif dan sangat menarik untuk diikuti dimasa pandemi ini.

Daring Festival 2020 ini sangat mendongkrak semangat pemuda-pemudi Indonesia dan khususnya Bireuen melalui Disporapar
untuk berkarya dan menuangkan ide-ide kreatifnya di masa pandemi,

“Semoga tahun depan Bireuen terpilih lagi pada acara KaTA Kreatif Festival Subsektor Seni Pertunjukan ini dan Bireuen siap menjadi tuan rumah,” kata Muzakkar A Gani.

Sementara itu, Kadisporapar Bireuen Muhammad Al Muttaqin S.Pd, M.Pd, menjelaskan, kegiatan Daring Festival Seni Pertunjukan ini merupakan kegiatan perdana diikuti oleh Disporapar Bireuen.

“Alhamdulillah kami Disporapar Bireuen dapat mengikuti serangkaian acara ini dengan baik dan lancar, karena Bireuen mempunyai SDM yang sangat kreatif baik dari dinas sendiri maupun partner kerja seperti Rangkang Sastra Bireuen,” ujar Al Muttaqin.

Kadisporapar berharap, kepada Deputi Insfrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf RI untuk dapat mendukung dan merekomendasikan bantuan untuk Kabupaten Bireuen.

“Yaitu Gedung Pertunjukan Seni yang Refentatif, supaya pelaku Ekonomi Kreatif dan pelaku seni memiliki rumah dan sarana untuk bisa berlatih, dan menampilkan hasil karyanya,” harap Al Muttaqin.

Sebelumnya panitia pelaksana Festival Sub Sektor Seni Pertunjukan KaTa Kreatif 2020 Kabupaten Bireuen, Azhari S. Pd, M. Pd menjelaskan, meski dimasa Pandemi, Pemuda-Pemudi Bireuen tetap semangat dan tidak menghalangi mereka untuk berkarya.

“Persiapan dlakukan oleh tim selama lebih kurang satu bulan, Alhamdulillah tidak mengalami hambatan atau kendala yang berarti, hanya pada saat proses pengiriman vile/videonya saja yang mengalami kendala, namun dapat teratasi dengan baik,”¬†jelas Azhari yang juga sebagai Kasie Ekonomi Kreatif Disporapar Bireuen.

Sementara, untuk proses syuting semuanya berjalan dengan lancar dan hasil yang memuaskan seperti yang  diharapkan. (Herman Suesilo)

BAGIKAN