KABAR BIREUEN – Untuk mencegah penyebaran virus corona, masyarakat diimbau agar membatasi aktifitas di luar rumah dan menghindari tempat keramaian.

Hal itu disampaikan Komandan Kodim (Dandim) 0111/Bireuen, Letkol Inf Zainal Abidin Rambe pada acara Pelantikan KSR, TSR, DDS dan Pengurus Ranting PMI se-Kabupaten Bireuen di Markas PMI Bireuen, Desa Blang Bladeh, Kecamatan Jeumpa, Senin (16/3/2020).

“Untuk saat ini sebaiknya masyarakat mengurangi aktifitas yang tidak penting di luar rumah. Dan menghindari tempat keramaian, karena kita tidak tau kapan, dari mana atau dari siapa penularan virus itu berawal,” sebut Dandim Bireuen di hadapan Pengurus dan relawan PMI Kabupaten Bireuen.

Selanjutnya, Dandim mengimbau masyarakat tidak menggelar kegiatan yang menghadirkan orang ramai, seperti kegiatan hiburan, seminar, dan lainnya.

“Yang paling utama kita tetap waspada, dan jangan menganggap sepele virus ini. Apalagi di Bireuen tidak ada tempat khusus penanganan pasien yang terkena dampat wabah ini. Kalau sudah kena nanti kita hanya bisa berdoa,” tambahnya.

Sebelumnya, Edi Saputra atau Edi Obama, Ketua PMI Kabupaten Bireuen pada kesempatan tersebut menekankan kepada relawan PMI untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pencegahan wabah yang semakin mengkhawatirkan ini.

“Kepada relawan dan pengurus ranting PMI se Kabupaten Bireuen agar mensosialisasikan cara pencegahan virus corona kepada masyarakat. Berikan edukasi bagaimana langkah menjaga kesehatan diri dan lingkungan,” kata Edi Saputra.

Edi Obama juga mengingatkan, agar tidak lupa mencuci tangan pakai hand sanitizer.

“Lebih baik kita mencegah penyakit daripada mengobati. Dan jangan lupa cuci tangan pakai sabun setelah memegang sesuatu. Kita tidak bisa melihat kuman yang menempel di kulit,” sebutnya.

Acara pelantikan KSR, TSR, DDS dan Pengurus PMI Ranting se-Kabupaten Bireuen dirangkai dengan kegiatan donor darah. (Rizanur)

BAGIKAN