KABAR BIREUEN– Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Bireuen menggelar tes uji baca Alquran bakal calon legislatif (bacaleg) untuk pemilu 2019 di Masjid Agung Bireuen, Minggu (22/7/2018).

Rencananya, tes uji baca Alquran itu dilaksanakan  selama dua hari, 22-23 Juli 2018.

Ketua KIP Bireuen, Agusni SP, M.Si kepada Kabar Bireuen menyebutkan, uji baca Alquran tersebut diju oleh tim penguji dari MPU, LPTQ dan Kemenag, masing-masing 4 orang.

“Uji tes hari ini akan berlangsung sampai selesai.Tiap bacaleg diberi waktu lima menit untuk tes uji baca Alquran,” sebutnya.

Dikatakan Agusni, jika nantinya ada bacaleg yang dinyatakan tak mampu oleh tim penguji, pihaknya akan menunggu keputusan dari KIP Aceh apakah bisa diganti.

“Tapi, kalau secara aturannya, bacaleg yang dinyatakan tak mampu dalam tes uji baca Alquran bisa digantikan calon lain,” sebutnya.

Menurut jadwal tes uji baca Alquran hari ini, Partai Bulan Bintang (PBB), Demokrat, Partai Aceh (PA) NasDem, Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP),  Berkarya dan Pantai Amanat Nasional (PAN).

Sedangkan sisanya, akan dilaksanakan Senin (23/7/2018) di tempat yang sama.

Total keseluruh bacaleg sebanyak 587 orang,  dimana 218 orang perempuan dan 369 orang pria.

Pantauan Kabar Bireuen, ada sejumlah bacaleg yang tersendat dan terbata-bata serta tak lancar saat membaca Alquran di hadapan tim penguji.(Ihkwati)

BAGIKAN