KABAR BIREUEN-Babinsa Koramil 08/Gandapura Serka Zulkipli bersama Kopda Anwar Babinsa Koramil 08/Gandapura melaksanakan kegiatan sosialisasi Kebakaran Lahan dan Hutan (Karhutla) kepada masyarakat di Desa Lapang Timur, Kecamatan Gandapura, Kabupaten Bireuen, Selasa (11/2/2020).

Sosialisasi bahaya dan dampak kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terhadap masyarakat tersebut diharapkan dapat sebagai bentuk antisipasi terjadinya Karhutla hingga dapat dilakukan pengawasan dan pencegahan secara bersama-sama

“Tak bosan-bosannya Babinsa menyampaikan sosialisasi tentang bahaya kebakaran hutan dan lahan kepada masyarakat sekitar agar tidak membakar lahan secara sembarangan,” sebut Serka Zulkipli.

Karena apabila masyarakat sengaja membakar lahan maka akan ada sanksi hukum yang berlaku bagi masyarakat yang membakar hutan dan lahan.

“Tujuan kita berkumpul di tempat ini dalam rangka mempererat hubungan silaturahmi antara TNI dan Masyarakat yaitu Babinsa dengan seluruh masyarakat di Desa Lapang timur sekaligus sosialisasi larangan membakar hutan dan lahan,” ujar Serka Zulkipli.

Lebih lanjut Babinsa mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan agar tidak terjadi peristiwa Karhutla di wilayah Desa Lapang timur.

Sementara itu, Komandan Koramil (Danramil) 08/Gandapura Kapten Inf Adi Boy saat dikonfimasi wartawan mengatakan, pihaknya mensosialisasi karhutla  kepada masyarakat untuk mengantisipasi kebakaran hutan.

“Sudah kita perintahkan untuk melakukan patroli dan sosialisasi karhutla secara rutin terutama wilayah yang rawan terjadinya kebakaran lahan dan hutan,” kata Danramil.

Sehingga, dengan sosialisasi tersebut bisa meminimalisir terjadinya kebakaran hutan dan lahan. (Ihkwati)