KABAR BIREUEN- Anwar Mizan (Agam) dan Cut Rizka Kamila (Inong) dinobatkan menjadi duta wisata Kabupaten Bireuen 2019 pada malam penganugerahan Duta Wisata Bireuen.

Malam Penobatan Duta Wisata Bireuen dengan tema ” Peran Pemuda Kreatif Dalam Meningkatkan Wisata Daerah” berlangsung di Aula Wisma Bireuen Jaya, Sabtu (29/6/2O19) malam.

Anwar Mizan dan Cut Rizka Kamila pada malam itu, unggul atas peserta finalis lainnya, ada dua belas finalis atau enam pasang yang tampil pada malam grand final itu.

Bupati Bireuen diwakili Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bireuen, Drs Muhammad Nasir M.Pd, memberi apresiasi bagi seluruh duta yang telah berpartisipasi dalam pemilihan Duta Wisata Bireuen 2019.

Diharapkan mereka akan berani tampil sebagai insporator bagi generasi muda mempromosikan sektor budaya dan pariwisata yang ada di Kabupaten Bireuen.

“Kepada seluruh alumni duta wisata Kabupaten Bireuen semoga kekompakannya bisa dijaga, terus kerja keras untuk mengembangkan Pariwisata Kabupaten Bireuen,” kata Muhammad Nasir.

Sementara itu, Kabid Seni dan Pariwisata, Lissa Iskandar MSM melaporkan, yang mendaftar untuk ikut serta dalam acara ini, sebanyak 68 orang agam dan inong, yang memunuhi persyaratan sebagai peserta, sebanyak 58 orang terdiri dari 29 agam dan 29 inoeng.

Dari 58 peserta tersebut dengan perjalanan panjang, kita seleksi lagi hingga menjadi 12 orang peserta terdiri dari 6 agam dan 6 inong, sebagai finalis, kedua belas peserta tersebut kita karantinakan selama empat hari, sampai malam penobatan (26-29/6).

Panitia Pelaksana Noval Radhi S. Pd, kasie Pariwisata Disdikpora mengatakan, Anwar Mizan (Agam) dan Cut Rizka Kamila (Inong) mereka berdua nantinya akan mewakili Bireuen di ajang pemilihan duta wisata tingkat Provinsi di Banda Aceh dalam waktu dekat ini.

Pada kegiatan ini sebutnya, ada enam orang juri yang menilai, yaitu Ansari (MAA Bireuen), Noviati MR (DKA Bireuen). Agusmaidi (Disdikpora Bireuen), Iqbal (BNNK Bireuen), Muazzinah Yacob (Akademisi UIN Ar Raniry) dan Dais (Poltek Aceh) Alumni Duta Wisata Bireuen.

Berikut data para juara duta wisata Bireuen 2019 sebagai berikut, Juara pertama, Anwar Mizan dan Cut Rizka Kamila). Juara kedua, Chandra dan Fadilla Izzati Karmila. kemudian Juara ketiga, M. Ichlasul Amal dan Syarifah Raihan.

Kemudian, Juara Duta Anti Narkoba diraih oleh M. Achdan Tharis bersama Eka Nazila, Juara Duta Persahabatan diraih oleh M. Juanda Aris bersama Mulyani, serta juara Duta Farvorit diraih oleh M. Firdaus beserta Farisa Nabila.

“Para juara diberikan hadiah berupa piala, sertifikat dan uang pembinaan, ” kata Kasie Budaya Disdikpora Bireuen ini. (Herman Suesilo).

BAGIKAN