KABAR BIREUEN – Anggota DPR-RI Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Drs H Anwar Idris menggelar sosialisasi Empat Pilar MPR di ruang Creative Centre Gedung MA Jangka, Bireuen, Jumat (29/11/2019).

Sosialisasi Empat Pilar MPR, kata Drs Anwar Idris merupakan perintah dari undang undang nomor 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3). “Dalam undang undang itu MPR mendapat tugas mensosialisasikan Empat Pilar MPR (Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika),” katanya.

Dalam kesempatan itu, di hadapan 200 orang masyarakat, Anwar Idris menjelaskan alasan MPR mensosialisasikan Empat Pilar MPR.

Lemahnya penghayatan dan pengamalan agama serta munculnya pemahaman yang keliru, lanjutnya, menjadi alasan pentingnya sosialisasi Empat Pilar MPR.

“Munculnya radikalisme yang melahirkan terorisme. Ini harus diantisipasi agar jangan sampai ada anggota masyarakat yang terpapar radikalisme dan terorisme,” katanya.

Pada kesempatan itu, Anwar Idris mengatakan empat pilar kebangsaan penting dipahami dan ditanamkan pada generasi bangsa Indonesia. Karena, banyak kepentingan bangsa lain terhadap Indonesia di era globalisasi yang dapat melunturkan pemahaman kebangsaan kita.

“Untuk itu, empat pilar kebangsaan ini harus kita maknai sebagai alat untuk membangun bangsa kita sendiri,” ujarnya.

“Kesemua poin empat pilar kebangsaan tersebut digali dari akar masyarakat Indonesia, sehingga bisa menjadi pedoman hidup,” pungkas politisi tua ini yang pernah menjabat sebagai Wakil Ketua DPRK Bireuen. (Rizanur)