Suhami Hamid, Anggota DPRK Bireuen

KABAR BIREUEN-Plt Bupati Bireuen harus segera membuat instruksi kepada keuchik untuk mengalokasikan dana desa untuk pencegahan corona

Agar para keuchik di gampong dapat memprogramkan alokasi dana desa misalnya untuk pembuatan masker oleh warga desa dan mempekerjakan ibu-ibu supaya ada pekerjaan selama lockdown.

Hal itu dikatakan Anggota DPRK Bireuen dari Partai Nanggroe Aceh (PNA), Suhaimi Hamid S.Sos kepada Kabar Bireuen, Rabu (25/3/2020) malam.

Dikatakan pria yang akrab disaoa Abu Suhai itu, warga gampong mulai panik dengan mewabahnya virus Covid 19 dan rencana lockdown, namunĀ  Plt Bupati Bireuen belum menginstruksi apapun terkait pengalokasian dana desa.

Karena itu, dia berharap agar Plt Bupati Bireuen segera mengambil langkah dan mengeluarkan instruksi kepada keuchik terkait penggunaan dana desa

“Dana Desa digunakan untuk pembuatan masker dan kemudian masker-masker tersebut dibagikan kepada seluruh masyarakat yang ada di desa tersebut,” sebut Abu Suhai.

Begitu juga dana desa bisa dibelanjakan pada pengadaan atau pembuatan sanitaizer dan disinfektan yang dilakukan oleh masyarakat.

“Lalu sanitazer dan disinfektan itu bisa dipakai pada tenpat-tempat ibadah seperti meunasah, mesjid dan balai-balai pengajian. Alokasi dana desa tersebut bisa diambil dari pos PKK atau posyandu dan bisa ditambah jumlahnya sesuai dengan kebutuhan masing-masing desa,” jelasnya.

Langkah cepat tersebut harus segera dilakukan dikarenakan Presiden dan Kemendes PDTT sudah mengintruksikan hal tersebut.

“Karena wabah virus corana sudah ditetapkan sebagai bencana nasional, bek wate kamate ureng baro sibok, sebelum wabah tersebut memakan korban, maka pemerintah harus lebih siap,” harapnya.

Begitu juga dengan kebutuhan sembako kepada masyarakat selama lockdown, ini juga sudah harus dipikirkan sejak dini.(Ihkwati)

BAGIKAN