KABAR BIREUEN – Bupati Bireuen Dr H Muzakkar A Gani,SH, MSi didampingi unsur Forkopimda menyerahkan remisi secara simbolis kepada 215 Napi Lembaga Permasyarakat Bireuen di halaman LP tersebut, Senin sore (17/8/2020).

Kalapas Bireuen, Abas Ruchandar didampingi Kasi Bina Giatnja Said  Misran,SH menjawab pertanyaan Kabar Bireuen menjelaskan, seorang napi bernama M Nur, mantan Camat Jangka terlibat kasus Tipikor telah selesai menjalani hukum 1 tahun 6 bulan bebas murni bertepatan HUT RI ke- 75 pada 17 Agustus 2020.

Dua orang napi lainnya masing-masing bernama Suhelmi dan Mukhtar keduanya warga Kecamatan Samalanga terlibat kasus narkoba dihukum 4 tahun penjara bebas bersyarat pada 17 Agustus 2020.

“Sementara 212 napi lainnya mendapat remisi HUT RI berfariasi,  dari 1 bulan sampai 6 bulan,” ujar Abas.

Dikatakan, saat ini penghuni Lembaga Pemasyarakatan Bireuen dihuni 442 napi dan tahanan, sudah over kapasitas dari daya tampung 85 napi dan tahanan.

Untuk menampung jumlah napi di LP Bireuen, sudah saatnya dibangun LP Bireuen yang baru agar dapat menampung napi dan tahanan yang terus meningkat tajam, 70 persen napi dan tahanan terlibat kasus narkoba.

“Mengenai kondisi penghuni LP yang sudah over kapasitas menggunakan musalla LP sebagai tempat tidur. Namun seluruh napi dan tahanan patuh dan taat kepada aturan LP dan berada dalam keadaan aman dan tertib,” sebut Abas Ruchandar.(H.AR Djuli)

BAGIKAN