KABAR BIREUEN– Sebanyak 10 unit tempat usaha berupa toko kontruksi permanen terbakar di Keude Samalanga, Desa Sangso, Kecamatan Samalanga, Kabupaten Bireuen, sekira pukul 13.20 WIB, Jumat siang (22/11/2019).

Api pertama kali terlihat dari Toko ponsel Ambasador, tidak lama kemudian api bertambah besar menjalar ke toko lainnya.

Hal itu dikatakan Kadis Sosial Bireuen, Drs Murdani kepada wartawan, yang menyebutkan, saat kejadian pemilik toko sedang melaksanakan shalat Jum’at di mesjid.

“Pemadam kebakaran pos Simpang Mamplam tiba di lokasi dan langsung melakukan pemadaman, tidak lama kemudian bantuan tim pemadam dari pos induk Bireuen juga tiba di lokasi untuk melakukan pemadaman,” sebutnya.

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut, meski begitu bangunan beserta isinya habis terbakar. Api bisa dipadamkan pada pukul 15.30 WIB.

“Sebanyak enam toko hangus terbakar, sedangkan empat lainnya hanya terkena imbas karena berhasil diselamatkan Damkar Bireuen,” kata Murdani.

Berdasarkan data yang diperoleh pihaknya dari Posko pengendali Tagan Bireuen,  toko yang terbakar tersebut adalah Toko buku dan kitab, milik Tgk Helmi, lalu Toko ponsel Ambasador, pemilik, Multazam, lalu usaha bekel motor, milik Nurse.

Usaha lainnya yang turut terbakar, bengkel motor milik Iskandar,  toko baju 2 pintu, pemilik Lia, Toko pancing/peralatan nelayan, milik Faisal

Selanjutnya, Toko kosmetik, pemilik  Laila, usaha bakso, milik. Abdullah, Apotik obat,milik, Roki serta Toko buku dan kitab.

“Upaya yang telah dilakukan dengan melakukan pemadaman dilakukan oleh tim damkar pos Simpang Mamplam dan juga dibantu oleh tim damkar dari pos induk Bireuen, penyelamatan barang-barang dilakukan oleh masyarakat,” katanya. (Ihkwati)

BAGIKAN