KABAR BIREUEN– Pemerintah Nagan Raya menandatangani naskah kerjasama (MoU) dengan Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan Bireuen.

Naskah ditandatangani Bupati Nagan Raya M.Jamin Idham,SE dan Rektor Umuslim Dr.Marwan,Mpd berlangsung di komplek perkantoran Suka Makmu Nagan Raya, Kamis (1/4/2021) Sore.

Bupati Nagan Raya M.Jamin Idham didampingi Sekda dan sejumlah SKPK menyambut baik kerjasama, karena ini akan dapat membantu pemerintah dalam hal mencerdaskan anak masyarakat Nagan Raya.

Apalagi SDM di Nagan Raya masih  tertinggal dengan daerah lain, jadi kerjasama ini merupakan kesempatan emas untuk meningkatkannya.

Sebelum penandatanganan naskah kerjasama, dalam pertemuan  penuh keakraban,  Bupati Nagan Raya meminta kepada rektor, agar Universitas Almuslim  dapat membangun kampus di Nagan Raya.

Menurutnya, Umuslim selama ini telah banyak membantu masyarakat Nagan Raya, khususnya guru-guru yang belum S1, melalui program SKGJ PGSD sekarang banyak guru di Nagan Raya sudah sarjana(S1), sekarang mereka sudah mengabdi dan bisa menikmati  sertifikasi.

Dr.Marwan dalam sambutannya menyampaikan, MoU ini dalam rangka implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi dan mendukung program merdeka belajar kampus merdeka.

“Bagi Umuslim, Nagan Raya bukanlah hal yang asing, karena sebelumnya Umuslim juga sudah pernah melakukan kerjasama dalam hal membantu pendidikan guru-guru di Nagan Raya pada program SKGJ PGSD,” ujar Marwan.

Kedepan mungkin kerjasama ini bisa dilanjutkan dalam konteks implementasi  Tri Dharma Perguruan Tinggi dan merdeka belajar kampus merdeka, sesuai aturan dan tetap berpedoman pada regulasi yang ada.

Pada kesempatan tersebut, Rektor Umuslim juga menyampaikan  kepada  Bupati M.Jamin Idham,  apabila ada anak masyarakat Nagan Raya yang berekonomi kurang mampu dan  ingin kuliah di Umuslim, pihaknya siap menampung, memfasilitasi dan membantu anak masyarakat Nagan Raya  dengan mengusahakan dan  memberikan beasiswa KIP kuliah.

“Kita punya rusunawa mungkin yang ingin kuliah di Bireuen, kita tampung di asrama rusunawa dan kita bantu biaya melalui KIP Kuliah,” ujarnya.

Pertemuan  turut dihadiri Ir H Ardimartha sebagai Sekda Nagan Raya, kadis pendidikan, sejumlah SKPK, sedangkan dari Umuslim hadir  mantan plt rektor, Dekan FKIP, wakil dekan, Ka.Prodi PGSD, Kabag Humas dan Kerjasama  dan beberapa orang dosen.(REL)