KABAR BIREUEN – Ramadhan bulan dipenuhi Rahmat Allah disebut juga bulan Taubat. Setiap doa orang-orang yang melaksanakan ibadah puasa Ramadhan dikabulkan Allah SWT.

Dan setiap sujud orang-orang yang melaksanakan shalat wajib, shalat sunat di bulan suci Ramadhan,  Allah akan membangun rumahnya di syurga  akhirat kelak.

Demikian antara lain Tgk Salihin Meunasah Dayah dalam menyampaikan tausiah ceramah subuh di Mesjid Agung Sultan Jeumpa, Senin subuh  (19/4/2021).

Dikatakan, bulan suci Ramadhan memiliki keistimewaan dipenuhi bermacam rahmat Allah dan tidak dimiliki oleh bulan-bulan lannya.

Perbuatan sunat di bulan Ramadhan nilainya sama dengan amalan wajib di luar Ramadhan, sedang amalan  wajib di bulan Ramadhan sama dengan 70 amalan wajib di luar Ramadhan.

Di bulan Ramadhan pintu neraka dikunci, pintu syurga dibuka lebar-lebar dan syeithan-syeithan dibelanggu oleh Allah. Sebagai umat muslim agar manfaatkanlah Ramadhan sebagai bulan Taubat untuk bertaubat atas segala dosa-dosa baik dosa besar maupun dosa kecil.

“Barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu dan yang akan datang.

Dikemukakan, Ramadhan bulan penghapus , penebus dan pembakaran dosa-dosa, setiap muslim agar memperbanyak ibadah kepada Allah, mengerjakan shalat wajib, sunat, tadarus Alquran, dzikir, bersedekah dan membaca istigfar bertaubat atas segala dosa.

Ramadhan juga disebut bulan suci, penghulu segala bulan,  penuh rahmat, bulan ampunan dan bulan berkah. Diakhir ceramahmya Tgk Salihin mengemukakan, setiap manusia dalam menempuh hidup di dunia tidak lepas dari masalah.

Untuk membebaskan diri dari masalah satu-satunya jalan wajib melaksanakan perintah Allah dan sunah Rasullah SAW. Orang-orang yang melaksanakan perintah Allah dan sunnah Rasul akan terbebas dari masalah dalam kehidupan di dunia dan akhirat kelak.

Shalat Tarawih minggu malam (18/4/2021 dan shalat subuh berjamaah (19/4/2021) diimami Tgk Jauhari Abullah dihadiri Bupati Bireuen Dr H Muzzakkar A Gani,SH, M Si bersama  jamaah kaum muslimin dan muslimat (H.AR Djuli).