KABAR BIREUEN – Sekolah Menengah Kejuruan Pembangunan Pertanian Negeri (SMK-PP) Negeri Bireuen wisuda 35 lulusan angkatan ke- 38 di Komplek sekolah di Desa Paya Lipah, Kecamatan Peusangan, Bireuen, Sabtu (22/06/2019).

Ketua panitia, Zalhendra Eka Putra SST MSi mengatakan 35 lulusan yaitu Jurusan Agribisnis dan Ternak Ruminansia (ATR) 11 orang terdiri dari 7 laki-laki dan 4 perempuan. Jurusan Kesehatan Hewan (Keswan) 14 orang terdiri dari 13 laki-laki dan 1 perempuan. Jurusan Agribisnis Pembibitan Tanaman dan Kultur Jaringan (APTKJ) 10 orang terdiri dari 8 laki-laki dan 2 perempuan.

Kepala SMK-PP Negeri Bireuen, Hamdan S.Pd M.Pd mengatakan, wisudawan harus mampu berekspresi di tengah masyarakat dengan keterampilan yang dimiliki untuk membangun daerah dan membantu masyarakat.

“Junjung tinggi harkat dan martabat dan kehormatan almamater di manapun berada. Anak anak kami yang lulus harus mampu berkiprah di bidang industri pertanian, perusahaan dan instansi,” ucap Hamdan.

Katanya SMK adalah lembaga pendidikan yang mampu melahirkan lulusan dengan tingkat kecakapan yang tinggi sehingga mampu menjadi tenaga terampil. Bahkan mampu menjadi pengusaha muda ke depan.

“Mari kita menjaga sekolah kita ini agar menjadi sekolah terbaik. Ke depan dapat terus mencetak anak-anak menjadi lulusan dengan tingkat kompetensi yang baik di masing-masing jurusan,” katanya.

Para lulusan kali ini dua orang diterima di Politeknik Pertanian Bogor yaitu Junaida dan Tina Maulina, masing-masing Jurusan ATR dan Kesehatan Hewan dan di Politeknik Pembangunan Medan yaitu M Azizul dari Jurusan APTKJ.

Dua orang lulusan sudah bekerja di Klnik Hewan Medan yaitu M Ikbal san M Azmir dari Jurusan Kesehatan Hewan. dan serta beberapa melanjutkan kuliah di Umuslim dan Unsyiah.

Kadis Pertanian Provinsi Aceh A Hanan SP, MM mengharapkan wisudawan untuk menjaga nama baik sekolah dan almamater. Lulusan SMK-PPN harus menciptakan siswa yang mandiri dan menjadi pekerja yang terampil.

A Hanan mengatakan alumni SMKPP untuk saling memberi informasi sesama rekan lulusan baik informasi pendidikan maupun lapangan kerja. Kini banyak alumni SMKPP Bireuen, Saree dan Kutacane menjadi pejabat di berbagai instansi

“Tingkatkan kerja sama dengan berbagai instansi dan perusahaan di dalam maupun luar negeri untuk meningkatkan kompetensi, serta meraih peluang kerja, tetapi lebih diharapkan jika mampu mandiri,” harapnya. (Desta Fauziana)

BAGIKAN