KABAR BIREUEN-Untuk meningkatkan dan mengembangkan generasi muda untuk cinta Al-Qur’an yang berintegritas, dalam rangka menumbuhkan kebiasaan baik menghafal Al-Qur’an serta mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bireuen, melalui Bidang Pembinaan SMP gelar Lomba Tahfidz (Hafalan Quran) jenjang SMP Tahun 2021.

Kegiatan yang diikuti seratusan siswa jenjang SMP Negeri dan Swasta se Kabupaten Bireuen ini, dibuka oleh Kadisdikbud Bireuen , Muhammad Al Muttaqin, S.Pd.,M.Pd, di Aula SKB Disdikbud setempat, Kamis (18/11/2021).

Kadis Disdikbud dalam arahanya, mengatakan, kegiatan ini sangat penting dilaksanakan dalam rangka untuk meningkatkan kualitas keagamaan bagi anak didik dan penanaman pendidikan karakter yang lebih baik.

Diharapkan dengan kegiatan ini akan muncul tahfidz yang bisa dibanggakan yang benar-benar mampu menghayati dan mencintai Al Qur’an.

Sebelumnya Kepala Bidang Pembinaan SMP, Asmudi,S.Pd.,M.Pd, melaporkan, kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, (18-20/11/2021) di Aula SKB Disdikbud setempat.

Lomba Tahfidz ini diikuti 136 peserta putra dan putri utusan dari jenjang SMP Negeri dan Swasta yang ada dalam wilayah Kabupaten Bireuen.

“Ada dua kategori yang diperlombakan pada lomba Tahfidz ini, yakni Tahfidz 1 Juz dan Tahfidz 2 Juz,” sebutnya.

Dirincikan, untuk Tahfidz 1 Juz diikuti 95 peserta, terdiri 43 peserta putra dan 52 putri. Sementara, Tahfidz 2 Juz diikuti 41 peserta terdiri 23 peserta putra dan 18 putri. (Herman Suesilo)