KABAR BIREUEN-Pemerintah Kabupaten Bireuen melaksanakan upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2019, di halaman Pendopo Bupati, Sabtu (1/6/2019) pagi.

Pada upacara itu, Bupati Bireuen H Saifannur S.Sos bertindak sebagai Inspektur Upacara, sementara Lettu Arm. Sennov sebagai Komandan Upacara dan Kapten Inf Agus Supriyanto sebagai Perwira Upacara.

Peringatan hari Pancasila tahun 2019 mengangkat tema “Kita Indonesia, Kita Pancasila”. diikuti oleh Pimpinan dan Anggota DPRK Bireuen, Para Unsur Forkopimda Kabupaten Bireuen, Sekretaris Daerah Kabupaten Bireuen, Para Asisten, Staf Ahli Bupati, TNI/Polri.

Kemudian Kankemenag Bireuen Kepala Dinas, Badan, Kantor, Kepala Bagian dan Camat di Lingkungan Setdakab Bireuen, Para ASN, Unsur Organisasi, LSM dan Ormas dan undangan lainnya.

Pada kesempatan itu Bupati Bireuen membacakan sambutan tertulis Plt. Kepala Badan Pembina Ideologi Pancasila Republik Indonesia, Hariyono.

Dalam inti sambutannya Bupati menyampaikan, pada pagi hari ini, Sabtu 1 Juni 2019 kita patut panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena kita dapat berkumpul dan mengadakan upaara untuk memperingati hari kelahiran Pancasila.

Pancasila mampu menyatukan kita semua sebagai satu bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pancasila sebagai dasar Negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia.

Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai Negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila.

Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Berkat Pancasila yang berkelindan dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong keberagaman yang ada menjadi suatu berkah. Berkat Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan Bhinneka Tunggal Ika.

Dalam konteks itulah, sesuai dengan pesan Presiden Jokowi bahwa memperingati dan merayakan hari kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 Juni merupakan suatu keniscayaan. Pertama kita berusaha mengenang dan merefleksikan momentum sejarah dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar Negara sehingga bangsa Nusantara yang beragam dapat bersatu dan menyatu sebagai satu bangsa.

Sebaga bangsa besar kita tidak akan meninggalkan sejarah, apa yang oleh Bung Karno pernah disebut JAS MERAH. Untuk menghormati jasa pendiri bangsa sekaligus meneguhkan komitmen terhadap ideologi negara itulah kita memperingati hari kelahiran Pancasila sebagai salah satu kebanggaan nasional (National Pride).

Melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi politik harapan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi Negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia.

Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, kita Pancasila. (Herman Suesilo).

BAGIKAN