KABAR BIREUEN- Wakil Bupati Bireuen Dr. Muzakkar A Gani, SH.,M.Si, mengukuhkan dan melantik Pengurus Majelis Adat Aceh (MAA) lima kecamatan dalam Kabupaten Bireuen Periode 2019 -2022.

Prosesi pelantikan tersebut berlangsung di Aula Setdakab Lama, Selasa (17/12/2019).

Pada kesempatan itu, Muzakkar A Gani mengatakan, Sebagai salah satu Lembaga Keistimewaan Aceh, MAA mempunyai tugas yaitu membangun dan membina adat dan Istiadat serta mempersiapkan para tokoh-tokoh adat selanjutnya dan melestarikan kembali kehidupan bermasyarakat secara adat istiadat berdasarkan nilai-nilai adat yang berlandaskan Syariat Islam.

“Kita semua ingin membangun Adat Istiadat Bireuen yang memiliki kriteria dan ciri khas Bireuen supaya selalu menjadi kenangan dan patokan kehidupan bermasyarakat. Sehingga hal ini bisa menjadi bukti kekokohan adat istiadat dalam Kabupaten yang kita cintai ini,” sebutnya.

Maka kepada pengurus MAA terpilih agar melestarikan kembali Adat Istiadat yang kita miliki agar terhindar dari pengaruh era globalisasi yang buruk.

“Seperti Hadih Maja Menyoe gadeh aneuk meupat Jrat, menyoe gadeh adat hana pat tamita,”ujar Wakil Bupati Bireuen ini.

Wabup berharap, semuanya untuk dapat membangun Kabupaten Bireuen ini bersama-sama. Lage Geupeugah Sapue Kheun, Sapu Pakat, Saboh Tekat dalam Bekerja

Sebelumnya, Ketua MAA Bireuen, Drs Jailani MM mengatakan, mereka yang dikukuhkan adalah hasil musyawarah masing-masing kecamatan.

Mereka yang dilantik adalah ketua, sekretaris (sekcam masing-masing kecamatan), serta pengurus lima bidang.

Sekretaris MAA Bireuen, Drs Syarwan Ibrahim dalam laporannya mengatakan, pengukuhan MAA kecamatan ini, bertujuan agar terbinanya dan lestari kembali para tokoh adat Aceh yang telah habis masa jabatannya.

“Selain itu, dapat melestarikan dan membangkitkan semangat para pengurus MMA seluruhnya dan aktif kembali para tokoh adat Aceh dalam kehidupan masyarakat,” jelas Syarwan Ibrahim.

Disebutkan, mereka yang dikukuhkan/dilantik Pengurus Majelis Adat Aceh, berasal dari lima kecamatan dalam Kabupaten Bireuen, yakni Kecamatan Jangka, Juli, Kota Juang, Jeumpa dan Kuala. (Herman Suesilo)

BAGIKAN