KABAR BIREUEN- Sebanyak 159 tenaga guru pemula di Lingkungan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bireuen ikuti pelatihan tentang Program Induksi Guru Pemula Madrasah (PIGPM).

Latihan dengan peserta guru pemula yang diangkat menjadi PNS pada 1 Maret 2019 dibagi dxalam 3 sesi dan berlangsung satu hari penuh di MAN 2 Bireuen, Jumat (21/8/2020).

Kasi Pendidikan Madrasah (Penmad) Kantor Kemenag Bireuen, Azhary MPd kepada Kabar Bireuen mengatakan, narasumber untuk pelatihan tersebut adalah Kasi Guru dan Tenaga Kependidikan pada Bidang Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Zulkifli Kasem SAg MPd.

“Setiap sesi berlangsung selama dua jam,” sebut Kasi Penmad Kemenag Bireuen Azhary MPd.

Pelatihan PIGPM dengan peserta sebanyak 159 tenaga guru pemula adalah kegiatan orientasi, pelatihan di tempat kerja, pengembangan, dan praktik pemecahan masalah dalam proses pembelajaran atau bimbingan bagi guru pemula pada madrasah dari semua tingkatan di Lingkungan Kantor Kemenag Bireuen.

“Pelatihan ini dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan,” ujar Azhary.

Dia juga menyebutkan, pelatihan itu dinilai penting dilaksanakan karena semua tenaga guru itu yang diangkat dengan background pendidikan tidak semuanya dari lulusan Fakultas Kependidikan, tapi banyak dari non pendidikan, seperti Sarjana Hukum, Ekonomi dan Sosial Politik.

Adapun tujuan dari PIGPM adalah untuk membantu guru pemula agar memiliki kompetensi pendidikan Agama Islam sebagai guru madrasah. Membina guru pemula agar dapat beradaptasi dengan iklim kerja dan nilai budaya kementerian agama.

Membantu guru pemula agar mampu melaksanakan pekerjaannya sebagai guru professional di madrasah (sekolah). Membantu guru pemula dalam memperkuat kompetensi sebagai guru sesuai dengan standar kempetensi guru. Dan mengembangkan profesionalisme melalui refleksi guru. (Rizanur)

BAGIKAN