KABAR BIREUEN – Dua dosen Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan, Bireuen, meraih predikat membanggakan sebagai dosen berprestasi tingkat Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Aceh.

Rektor Umuslim, Dr. H. Amiruddin Idris, SE., M.Si, mengucapkan syukur atas prestasi yang diraih kedua dosen tersebut.

“Semoga keberhasilan ini menjadi spirit bagi seluruh civitas akademika, untuk mengabdi dan memberikan yang terbaik bagi pengembangan kampus dan peningkatan keilmuan di masa yang akan datang,” ungkap Amiruddin Idris, sebagaimana disampaikan Kabag Humas dan Kemahasiswaan Umuslim, Zulkifli, M.Kom, kepada Kabar Bireuen, Selasa (20/8/2019).

Keberhasilan tersebut, kata Zulkifli, diketahui pihaknya berdasarkan pengumuman yang dikeluarkan dan ditandatangani LLDikti XIII Aceh, Prof. Dr. Faisal, SH., M.Hum, Senin (19/8/2019).

Menurut Zulkifli, kedua dosen tersebut yaitu Dr. Halus Satriawan, Sp., MSi, sebagai Dosen Berprestasi I Bidang Sains dan Teknologi. Satu lagi, Dr. Ir. Sitti Zubaidah, S.Pt, S.Ag, MM, IPM, sebagai Dosen Berprestasi II Bidang Sosial Humaniora.

Sebagai informasi, Halus Satriawan merupakan putra kelahiran Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), 11 Juni 1980 silam. Dia mulai mengabdi di Umuslim sejak tahun 2008.
Proses pengabdian alumni pasca sarjana (S2) IPB Bogor dan S3 USU Medan ini di Umuslim, setelah lamarannya yang didaftarkan melalui online, diterima pada saat penerimaan dosen sebelas tahun lalu.

Riwayat pendidikan dosen tetap Umuslim ini, dimulai tahun 1991 menamatkan Sekolah Dasar Negeri Batujai Lombok. Kemudian, menamatkan SMP pada tahun 1994, STM tamat tahun 1997, dan Sarjana Pertanian pada Universitas Mataram tahun 2003. Semua jenjang pendidikan itu ditempuhnya di NTB.

Selanjutnya, Halus Satriawan hijrah ke pulau Jawa dan menyelesaikan Program Pasca Sarjana (S2) di Institut Pertanian Bogor (IPB) tahun 2007, dan program Doktor (S3) di USU Medan. Sekarang, Halus Satriawan menjabat sebagai Ketua LPPM Umuslim.

Sementara Sitti Zubaidah, perempuan kelahiran Tanjung Pura, 1 Agustus 1975. Riwayat pendidikannya, Sarjana (S1) Peternakan Unsyiah, Sarjana (S1) IAIN Ar-Raniry Tarbiyah/Bahasa Inggris, Magister (S2) Unsyiah Manajemen dan Program Doktor (S3) Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang dan Insinyur (Ir) profesi peternakan diraihnya di UGM.

Sekarang, Sitti Zubaidah menjabat Ketua Prodi Peternakan Fakultas Pertanian Umuslim. Sebelum mengabdi di Umuslim, alumni S3 Universitas Brawijaya Malang ini pernah bekerja pada NGO FAO-UN. (Suryadi)

BAGIKAN