KABAR BIREUEN-Ilyas Hasballah terpilih secara aklamasi menjabat Ketua Asosiasi Tuhapeut tingkat Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen, pemilihan digelar di Medan, Sumatera Utara, Senin (15/3/2021).

Tokoh masyarakat dari 36 desa mengukuhkan susunan pengurus Tuhapeut Kecamatan Juli setelah dimusyawarahkan dengan semua Ketua Tuhapeut gampong.

Maka diambil satu kesepakatan untuk memilih pengurus Asosiasi Tuhapeut Kecamatan Juli secara aklamasi pada Momen Bimtek di hotel Grand Marcure kota Medan.

Adapun susunan pengurus diantaranya, Tgk.Ilyas Hasballah Sebagai Ketua, Tgk. Yusri (Wakil Ketua 1), Tgk.Sudirman (Wakil Ketua 2), Tgk.Iskandar (Wakil Ketua 3) A.Gani Ar (Sekretaris), Tgk. Sulaiman BP sebagai Bendahara dalam kepengurusan Asosiasi Tuhapeut Kecamatan Juli Kabupaten Bireuen periode 2021-2025.

Keputusan bersama tersebut turut ditandatangani oleh tokoh masyarakat (Tuhapeut) yang mewakili 36 gampong dalam Kecamatan Juli.

Ketua Tuhapeut terpilih, Ilyas Hasballah menyampaikan, Tuhapeut merupakan satu lembaga pengawas mendampingi pemerintah desa dalam setiap gampong. Berdasarkan ada usulan terkait pengurus asosiasi yang belum terbentuk, maka dilakukan musyawarah untuk memilih ketua.

Ilyas Hasballah menyebutkan, terkait pemilihan Ketua Asosiasi Tuhapeut digelar di Medan, itu dikarenakan semua ketua Tuhapeut dari seluruh desa dalam Kecamatan Juli berada di Medan sedang mengikuti Bimtek.

“Secara berkebetulan, untuk susunan pengurus Asosiasi Tuhapeut belum lagi terbentuk, maka pada momen ini kita manfaatkan untuk memilih pengurus Asosiasi Tuhapeut tingkat kecamatan,” sebutnya.

Sehingga secara aklamasi dirinya terpilih sebagai ketua di Kecamatan Juli, pemilihan disaksikan dan disetujui oleh Tuhapeut dari 32 desa dalam Kecamatan Juli.(REL)