KABAR BIREUEN – Sanggar Mirah Delima (SMD) Universitas Almuslim (Umuslim) Bireuen yang mendapat kehormatan memperkenalkan seni dan budaya Indonesia di Aligarh Muslim University (AMU), Sabtu (24/3/2018), mendapat kesempatan unjuk kebolehan di depan Duta Besar Indonesia untuk India, Sidharto Suryodipuro.

Ketua Pembina SMD Umuslim, Hj. Nuryani Rahman melalui Koordinator SMD, Angga Eka Karina, M.Sn dari India mengabarkan, dalam pembukaan Indonesian Food Festival di halaman Kennedy Auditorium, Team SMD mempersembahkan Tarian Peumulia Jamee Tari Ranup Lampuan di depan Dubes Sidharto Suryodipuro.

“Alhamdulillah, hari ini kami berkesempatan mempersembahkan Tarian Ranup Lampuan di depan Bapak Dubes yang juga hadir istrinya, Ibu Dewi Ratna serta staf Kedubes RI di India,” kata Angga kepada Kabar Bireuen melalui pesan Whatsapp.

Menurut Angga, penampilan mereka juga mendapat pujian dari Sekretaris Wakil Rektor Aligarh Muslim University, Prof. Javaid Akhter yang menyaksikan langsung tarian khas Aceh itu.

Acara ini, kata Angga, dilaksanakan untuk memperkenalkan beberapa makanan khas yang ada di Indonesia. Kemudian, sore harinya dilanjutkan dengan Wonderful Indonesia di tempat yang sama.

“Kegiatan ini lebih kepada pertunjukan seni budaya Indonesia. Sanggar Mirah Delima yang khusus diundang untuk memperkenalkan dan menampilkan budaya Aceh yaitu tari Rapai geleng, Suloh dan Ranup Lampuan,” paparnya.

Disebutkan Angga, antusias masyarakat India untuk Indonesia sangat hangat dan bersahaja. Ini dilihat dari kehadiran mereka untuk ikut serta dan melihat secara langsung acara yang dilaksanakan oleh Persatuan Pelajar India (PPI) Aligarh Muslim University.

Ketua PPI, Bayu seperti dilaporkan Angga, mengatakan, acara Wonderful Indonesia ini baru pertama kali diselenggarakan oleh PPI di Aligarh dan mengukir sejarah atas nama Indonesia.

“Pihak PPI juga menyatakan bangga dengan team kita Sanggar Merah Delima yang sudah go internasional,” imbuhnya.

Masih menurut Angga lagi, Dubes dan Ketua PPI berharap ke depan Umuslim dengan AMU dapat meningkatkan kerja sama, baik dalam bidang seni budaya maupun pendidikan.

Pada kesempatan itu Direktur Hubungan Internasional Umuslim, Drs. Nurdin Abdul Rahman, M.Si yang bertemu langsung Dubes RI untuk India dan perwakilan Rektor AMU menyampaikan, ke depan antara Umuslim dengan AMU dapat menjalin kerja sama bidang pendidikan. Seperti pertukaran pelajar serta penampilan seni budaya pada event lebih besar di India.

Dubes RI untuk India itu menyampaikan ucapan terima kasih kepada Anwar Idris anggota DPR RI Komisi X, Nurdin Abdul Rahman, Rektor Umuslim, Ketua Sanggar Mirah Delima Hj. Nuryani Rahman, Angga Eka Karina dan seluruh team Sanggar Mirah Delima yang telah sangat bagus dalam membawa nama harum Indonesia, khususnya Aceh dan Umuslim. (Rizanur)

BAGIKAN