Camat Peudada, Zamzami

KABAR BIREUEN -Sebanyak 61  warga Kecamatan Peudada baru pulang dari perantauan Malaysia, Batam, Jakarta dan Medan sedang jalani isolasi mandiri selama 14 hari di rumah masing-masing.Hingga Rabu (8/4/2020)

Hal ini bukan mengucilkan warga yang baru pulang dari perantauan tetapi sebagai upaya untuk menegah penyebaran wabah virus corona (covid-19) baik bagi warga yang baru pulang dari perantauan dan masyarakat Kecamatan Peudada.

Camat Kecamatan Peudada Zamzami menjelaskan hal itu menjawab pertanyaan Kabar Bireuen di ruang kerjanya Rabu (8/4/2020).

Dikatakan, Keamatan Peudada terdiri dari 52 Desa berpenduduk 29.018 jiwa hingga Rabu (8/4/200) Alhamdlillah masyarakatnya masih aman terhindar dari penyebaran wabah virus corona.

“Belum ada warga masyarakat yang berstatus Orang Dalam Pengawasan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP),” sebutnya.

Pihaknya bersama  Muspika petugas Puskesmas setempat terus melakukan pemantauan, pengawasan dan pendataan terhadap warga yang  pulang dari perantauan  negeri jiran dan luar Aceh.

“Diimbau jika masih ada  warga Peudada yang pulang dari perantauan Malaysia, dan luar Aceh atas kesadarannya sendiri melapor kepada Keuchiek Desanya agar terlebih dahuu menjalani isolasi diri mandiri di rumah masibg-masing selama 14 hari guna menegah penyebaran virus orona,” pintanya.

Berkenaan dengan himbauan Plt Bupati Bireen DR Muzakkar A Gani,SH, M Si untuk mencegah terpaparnya virus corona  semua masyarakat jika keluarga rumah diminta memakai masker sebagai alat pelindung diri agar terhindar dari penyebaran wabah virus orna.

Karena masker langka di Bireuen, sedangkan kondisi dalam keadaan tanggap darurat covit-19 diharapkan para Kepala Desa berinisiatif menggunakan dana desa untuk keperluan menjahit masker dari kain untuk  dibagikan keada warganya masing-masing.

“Selain itu masyarakat mematuhi imbauan Pemerintah Pusat, Pmerintah Aceh dan Pemerintah Kabupaten Bireuen agar dalam kegiatan sehari-hari menjaga kebersihan lingkungan masing-maing, hindari tempat orang banyak, jaga jarak dan pakai masker jika keluar rumah,” harap Camat Zamzami . (H.AR Djuli)

BAGIKAN