KABAR BIREUEN – Program Satgas TMMD Kodim 0111/Bireuen dilaksanakan secara rutin setiap tahun. Sejak 10 Juli 2019, Satgas TMMD Reguler ke-105 Kodim 0111/Bireuen kembali melaksanakan TMMD.

Program utamanya membangun jembatan penghuhung Desa Blang Perlak dengan panjang 5 meter dan lebar 5,3 meter.

Sementara untuk pembangunan perluasan jalan  Desa Blang Perlak, Kecamatan Makmur sepanjang 4,5 kilometer.

Hal itu dikatakan Dandim 0111/Bireuen Letkol Inf Amrul Huda,SE, MM, M.Sc selaku Dansatgas TMMD ke-105 Kodim 0111/Bireuen  didampingi Kasdim Mayor Arm Ranna Hidfitriani, S Sos selaku Wadan Satgas TMMD dan Pasiter Kapten Inf Syawaluddin selaku Koordinator Satgas TMMD  Kodim 0111/Bireuen, di Posko Satgas TMMD ke-105 Blang Perlak, Selasa (16/7/2019).

Menurut Pasiter Kapten Inf Syawaluddin selaku Koordinator Satgas TMMD,  pelaksanaan TMMD ke-105 Kodim 0111/Bireuen di Desa Blang Perlak, Kecamatan Makmur menurunkan 150 anggota Satgas TNI Kodim 0111/Bireuen dan 10 anggota Polres Bireuen.

Kegiatan Satgas TMMD yang dbuka Bupati Bireuen H Saifannur S Sos 10 Juli 2019, membangun sarana yang sangat vital bagi kebutuhan petani Kecamatan Makmur, yaitu pembangunan jembatan penghubung yang panjangnya 5 meter dan lebar 5,3 meter.

Dikatakan, pembangunan jembatan penghuhung tiga desa, Blang Peureulak dengan desa  esa Panton Mesjid dan Desa Matang Kumbang,  sudah memasuki tahap pengecoran fondasi jembatan.

Pembangunan jembatan penghubung tiga desa dan pembangunan perluasan jalan desa ditargetkan akan selesai dikerjakan selama satu bulan.

“Dengan selesainya pembangunan jembatan penghubung dan perluasan jalan, akan sangat membantu kebutuhan petani desa dalam mengangkut hasil pertanian perkebunan pinang,sawit, coklat, pisang dan sayur mayur untuk masyarakat kecamatan Makmur dan luar Kecamatan Makmur,” harapnya.

Pembangunan perluasan jalan Desa Blang Perlak sepanjang 4,5 kilometer kondisinya sekarang sulit dilalui kendaraan roda dua dan roda empat, sehingga sangat menyulitkan petani dalam mengakut hasil pertaniannya.

Selain pembangunan sarana vital jalan dan jembatan penghubung, stagas TMMD ke-105 Kodim-0111/Bireuen, juga membangun dua unit rumah tidak layak huni, masing-masing untuk Nek Halimah (76) dan Hamdi (56), keduanya warga Desa Blang Perlak, Kecamatan Makmur.

Kegiatan lainnya yang dilakukan adalah pemasangan saluran gorong-gorong di delapan titik dalam di desa Blang Perlak untuk mengatasi banjir yang sering melanda desa tersebut.

Program tambahan Satgas TMMD Kodim 0111/Bireuen, melaksanakan penghijauan dengan penanaman bibit sentang, jamban masyarakat, dan jika pelaksanaan pembangunan jalan dan jembatan selesai akan melaksanakan pengobatan gratis kepada masyarakat Desa Blang Perlak,” jelas  Kapten Syawaluddin.

Tahun 2019 Kodim 0111/Bireuen melaksanakan juga karya bakti TNI bersama anggota Polres Bireuen melaksanakan pembangunan jalan Desa Salah Sirong, Kecamatan Jeumpa dan Pante Peusangan, Kecamatan Juli.

Pembangunan jalan desa di Kecamatan Jeumpa, Kecamatan Juli dan Blang Perlak Kecamatan Makmur seluruhnya mencapai 14,6 kilometer. (H.AR Djuli).

BAGIKAN