KABAR BIREUEN – Ustadz Fadhil Rahmi menjadi penceramah tim safari Ramadhan Pemerintah Aceh di Masjid Al Ikhlas, Teupin Punti, Kecamatan Syamtalira Aron, Kabupaten Aceh Utara, Kamis (16/5/2019) usai shalat tarawih.

Ustadz Fadhil dalam ceramahnya antara lain mengulas tentang keutamaan Ramadhan serta pentingnya menjaga persatuan terlebih setelah pemilu beberapa waktu lalu.

“Mari dalam Ramadhan ini kita lakukan islah, menjaga ukhuwah, meskipun beda pilihan saat pemilu, mari kita gunakan momentum Ramadhan sebagai islah, rekonsiliasi, saling bermaaf-maafan,” katanya.

Islah yang dimaksudnya adalah perbaikan hubungan antara para pihak yang terlibat langsung maupun yang tidak langsung pada pemilu kemarin.

“Mari kita tidak saling menghujat, tidak melakukan ujaran kebencian,” sambungnya.

Sambil mengutip satu hadist, Ia melanjutkan, puasa adalah perisai, benteng pertahanan diri dari sifat sifat yang tidak baik dan jangan berperilaku jahil.

“Apabila ada orang yang mengajak ribut, baik di media sosial ataupun di dunia nyata, hendaknya kita mengatakan inni shaim (saya berpuasa-red),” tuturnya.

Usai ceramah, Ustadz Fadhil yang juga tangan kanannya ustadz Abdul Somad di Aceh menyerahkan waqaf Alquran almarhumah Hj Rohana Binti Nuruddin, ibunda dari ustadz Abdul Somad Lc yang diterima oleh pengurus masjid.

Hadir dalam rombongan safari Ramadhan ke mesjid tersebut, kepala Badan Pertahanan Aceh, Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh dan sejumlah perwakilan SKPA lainnya. (Najib Zakaria)

BAGIKAN