KABAR BIREUEN – Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan Bireuen menandatangani naskah kerja sama atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya (Pijay), di ruang kerja Bupati Pidie Jaya, Kompleks Kantor Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya, Cot Trieng, Meureudu, Rabu (19/1/2022) sore.

Menurut Kabag Humas Umuslim, Zulkifli, M.Kom, naskah kerja sama tersebut masing-masing ditandatangani oleh Rektor Umuslim, Dr. Marwan, M.Pd dan Bupati Pidie Jaya, Aiyub Abbas.

Usai penandatanganan MoU itu, Marwan menyampaikan, kerja sama ini merupakan bagian dari tujuan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang sedang dilaksanakan Umuslim.

Umuslim, katanya, mengambil peran dan ingin memberikan akses sebesar-besarnya untuk masyarakat Pidie Jaya dalam memperoleh dan mendapatkan akses pendidikan tinggi.

Disebutkan Marwan, tahun ini ratusan mahasiswa Umuslim asal Pidie Jaya, memperoleh beasiswa yang berasal dari KIP Kuliah.  Ke depan, akan ditingkatkan lagi, termasuk beasiswa internal bagi yang kurang mampu.

Selain itu, menurut Marwan, dengan terjalinnya kerja sama tersebut, maka semakin mudah Umuslim dalam mengaplikasikan  program pengabdian masyarakat dan bidang penelitian.

“Ini sebagai upaya untuk mendukung program pemerintah dalam merdeka belajar kampus merdeka,” jelasnya.

Begitu juga kerja sama peningkatan SDM dan jenjang pendidikan bagi masyarakat Pidie Jaya serta ASN atau tenaga kerja kontrak. Untuk mewujudkan kerja sama ini, sebut Marwan, tidak begitu sulit. Sebab, Kampus Umuslim yang berada di Kabupaten Bireuen, lokasinya bertetangga dengan Pidie Jaya.

“Semoga kerja sama ini dapat memberikan manfaat bagi kedua pihak,” harap Marwan.

Bupati Pidie Jaya, H. Aiyub Abbas, menyambut baik dan sangat setuju adanya kerja sama dengan Umuslim. Ini sebagai upaya untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat Pidie Jaya dalam memperoleh pendidikan tinggi di universitas swasta terbaik Aceh tersebut.

“Kami sangat mendukung dan mendorong agar masyarakat dapat memperoleh pendidikan tinggi. Adanya kerjasama ini, diharapkan bisa menjadi satu kesempatan baik untuk peningkatan pengetahuan dan pendidikan masyarakat dalam mengikuti perkembangan zaman,” ujar Bupati Aiyub Abbas.

Penandatanganan MoU tersebut turut disaksikan turut Said Mulyadi (Wakil Bupati Pijay), Ir. Jailani Beurahmat (Sekda), Said Abdullah (Asisten III) dan Saiful Rasyid (Kepala Bappeda). Sedangkan dari Umuslim turut dihadiri Wakil Rektor II, Sonny M. Ikhsan, SE., M.Si. (Rel)