KABAR BIREUEN-Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Almuslim berkolaborasi  mengadakan pentas seni di ruang Creatif Center  kampus Umuslim, Selasa,( 31/12/2019).

Kegiatan yang melibatkan dua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) tersebut, mengambil tema “Meningkatkan Potensi dan Prestasi Guna Mewujudkan Generasi Modern Cinta Budaya”.

Acara berlangsung meriah karena digelar di ruang  yang sangat representatif untuk  pentas seni yaitu ruang berkapasitas 300 orang merupakan bantuan  pemerintah melalui program hibah Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Tahun 2018.

Ketua panitia, Rahmat menyebutkan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin setiap semester, diikuti ratusan mahasiswa, tahun ini digelar sihcara bersama kolaborasi  program studi PGSD dan program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia.

“Tujuan kegiatan ini untuk menampilkan karya kreatif mahasiswa dari mata kuliah yang diprogramkan pada semester ganjil,  sebagai wahana dalam mengembangkan potensi mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa yang cinta akan budaya,” sebutnya.

Acara dibuka Dekan FKIP, Drs.M.Taufiq, M.Pd menyampaikan dengan kolaborasi ini akan menghasilkan pentas seni yang spektakuler

Dalam waktu dekat ini akan mengadakan kegiatan serupa yang melibatkan mahasiswa di lingkungan FKIP Umuslim, siswa SMA sederajat se Aceh dan  siswa SD/MI yang akan di laksanakan di gedung teater Universitas Almuslim yang sangat megah ini, jelasnya

Kegiatan pentas seni ini ikut menampilkan berbagai karya seni kreatif  mahasiswa dua prodi dengan menampilkan berbagai kreasi seni dan  tari kreatif, seperti tari nusantara, tari ratoh jaroe, drama, musikalisasi puisi, serta pemutaran film pendek.

Penampilan dari setiap kelompok dinilai oleh dosen pengampu mata kuliah masing-masing, Nia Astuti, M.Pd. dosen pengampu mata kuliah pementasan Drama dari Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia ,  Navysa Basri, M.Pd., dosen pengampu Seni Tari dan Drama prodi PGSD Universitas Almuslim.

Kegiatan bertambah meriah karena hadirnya persembahan puisi dari mahasiswa Jepang  Mio dan Kazuma yang sedang kuliah di Umuslim. Mereka membaca puisi kolaborasi bahasa Indonesia dan bahasa Jepang.

Selain itu, mereka juga diberikan kesempatan untuk menyanyikan lagu Jepang yang dibawa secara berkolaborasi dengan salah satu dosen pembimbingnya, Yuhafliza,M.Pd.

Melalui kegiatan ini, berharap akan mampu mengembangkan potensi mahasiswa dalam berseni dan bersastra sehingga akan menghasilkan lulusan yang unggul, papa ketua program studi PGSD universitas almuslim  Fachrurazi, M.Pd didampingi ketua program studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Nurmina, M.Pd.

Pentas seni berlangsung satu hari penuh turut  dihadiri mahasiswa, dosen, alumni, pegiat seni di kabupaten Bireuen dan mahasiswa luar negeri yang sedang mengikuti kuliah di Universitas Almuslim. (REL)

BAGIKAN